Menkes Jamin Ketersediaan Obat HIV

Menkes RI, Nila Moeloek
Sumber :
  • Viva.co.id/Tasya Paramitha

VIVA – Minimnya edukasi tentang HIV/Aids membuat masyarakat masih beranggapan bahwa penyakit ini tidak ada obatnya. Di lain sisi, sifat penyakit yang menular menyebabkan penderitanya kerap mengalami stigma dan diskriminasi. 

Penyakit Menular Arbovirosis Jadi Ancaman Baru, Menkes Budi: Lakukan 5 Hal Ini untuk Menanganinya

Padahal, menurut Menteri Kesehatan Nila Moeloek HIV sendiri kini sudah ada obatnya, yakni anti-retroviral (ARV). 

Nila menjelaskan, bahwa obat ARV ini mampu menekan jumlah virus HIV di dalam darah sehingga kekebalan tubuhnya (CD4) tetap terjaga. Sama seperti penyakit kronis lainnya seperti hipertensi dan kolesterol, obat ARV harus diminum tepat waktu dan seumur hidup. 

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

"Karena dengan begitu kualitas hidup ODHA dapat lebih meningkat dan mencegah terjadinya penularan. Kami sendiri menjamin untuk ketersediaan obatnya," ungkap Nila saat ditemui di Lapas Cipinang, Jakarta Timur, Senin 17 Desember 2018. 

Dengan demikian, Nila sendiri berharap akan adanya perubahan cara pandang masyarakat terhadap penyakit HIV/Aids dapat berubah. Sehingga jangan sampai ada lagi stigma dan diskriminasi terhadap ODHA.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

"Melalui pesan ini diharapkan masyarakat dapat menormalisasi pandangan terhadap penderita AIDS agar tidak lagi dipandang menjadi sesuatu yang menakutkan," ungkap Nila. 

Sebagai informasi data Kementerian Kesehatan tahun 2017 mencatat dari 48.300 kasus HIV positif yang ditemukan, tercatat sebanyak 9.280 kasus AIDS. 

Sementara, data triwulan ll tahun 2018 mencatat dari 21.336 kasus HIV positif, tercatat sebanyak 6.162 kasus AIDS. Adapun jumlah akumulatif kasus AIDS sejak pertama kali dilaporkan pada tahun 1987 sampai dengan Juni 2018 tercatat sebanyak 108.829 kasus. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya