Jelang Natal, BPOM Kembali Temukan Makanan Berformalin

BPOM temukan makanan berformalin.
Sumber :
  • BPOM

VIVA – Menjelang, perayaan Hari Raya Natal, Kantor Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Banten kembali menemukan berbagai produk yang tidak memenuhi ketentuan.

Waspada! BPOM Temukan Mie Kuning Basah Berformalin di Pasar Depok

Dari kegiatan yang dilakukan di pasar modern dan supermarket di Kecamatan Cisauk, ditemukan 4 toko tidak memenuhi ketentuan (TMK) dan 1 toko memenuhi ketentuan (MK).

"Terdapat 16 produk Tanpa Izin Edar (TIE) dan 13 produk yang Tidak Memenuhi Ketentuan (TMK) Label sebanyak 13 item. Besar nilai temuan dengan kisaran hingga Rp16,4 juta," demikian seperti tertulis dalam siaran pers yang diterima VIVA, Selasa, 18 Desember 2018.

21 Tahun Tidur dengan Jenazah Sang Istri, Motif Pria Ini Terungkap

Setelah melakukan sampling dan pengujian pangan olahan siap saji atau jajanan dengan menggunakan rapid test kit terhadap 20 sampel, tiga di antaranya diduga tidak memenuhi syarat (TMS).

Beberapa produk itu antara lain, mie kuning dan tahu China putih diduga berformalin, serta terasi Bangka diduga mengandung pewarna bukan untuk makanan atau Rhodamin B.

Viral Postingan Kembaran Mirna Salihin Pasca Kasus Jessica: Kebenaran akan Terungkap!

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, pangan yang beredar di Kabupaten Tangerang bebas dari bahan berbahaya yang sering disalahgunakan dalam pangan dan masyarakat dapat mengonsumsi pangan bermutu dan aman dari bahan berbahaya.

"Kepada masyarakat diimbau untuk selalu ingat Cek KLIK (Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar, dan Cek Kedaluwarsa), serta melaporkan setiap kegiatan yang mencurigakan kepada BPOM atau Balai/ Loka POM terdekat," demikian seperti tertulis dalam situs BPOM. (ldp)

 Ilustrasi takjil.

Awas! Takjil Berbahaya Beredar di Sentra Penjualan, BPOM Temukan Formalin, Rhodamin, dan Boraks

 BPOM RI melakukan pengawasan terhadap pangan jajanan buka puasa (takjil) selama Ramadhan. Dalam pengawasan ini dilakukan juga uji sampling dan pengujian cepat takjil

img_title
VIVA.co.id
3 April 2024