4 Tanaman Obat Mudah Didapat Ini Ampuh Sembuhkan Penyakit

Jeruk Nipis
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Tanaman obat menjadi bagian dari kesehatan tradisional. Keberadaannya bisa menjadi alternatif, selain pengobatan secara klinis oleh dokter.

Air Rebusan Jahe Ternyata Tidak Efektif Obati Batuk

Tak hanya murah, tanaman obat juga mudah didapat. Bahkan tanaman obat tersebut kadang ditanam di lingkungan tempat tinggal kita.

Berdasarkan hasil kajian Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Kesehatan, berikut ini empat jenis tanaman obat yang beredar di sekitar kita, dari siaran pers Kemenkes RI, Rabu, 19 Desember 2018.

Polusi Udara Bikin Batuk? Dokter Tak Anjurkan Asal Minum Antibiotik

1. Lengkuas

Bagian dari tanaman ini yang digunakan untuk pengobatan adalah rimpangnya. Rimpang ini mengandung minyak atsiri lebih kurang 1 persen, di mana akan muncul jika rimpang lengkuas diiris atau ditumbuk. Minyak atsiri rimpang lengkuas mempunyai aktivitas sebagai antimikroba dan antijamur.

5 Resep Rawon Tulang Sapi Empuk dan Gurih

Di Tanah Jawa, dikenal dua jenis lengkuas, yaitu lengkuas merah dengan rimpang berwarna kemerahan yang bentuknya lebih kecil dari lengkuas putih. Sedangkan lengkuas putih memiliki rimpang berwarna putih dengan bentuk yang relatif besar.

Lengkuas

Masyarakat pedesaan menggunakan irisan lengkuas merah untuk mengobati panu dan kutu air. Perasan lengkuas merah yang ditambah dengan madu dapat digunakan untuk mengobati demam. Sedangkan lengkuas merah yang ditumbuk dan dicampur tepung beras digunakan sebagai tapal pada perut pasca bersalin.

2. Jeruk nipis

Buah ini berkhasiat sebagai obat batuk, obat penurun panas, dan obat pegal linu. Buah jeruk nipis mengandung asam sitrat, asam amino (triptofan, lisin), minyak atsiri (sitral, limonene, felandren, lemon kamfer, kadinen, gerani-lasetat, linali lasetat, aktilaldehid, annildehid), dammar, glikosida, asam sitrun, lemak, kalsium, fosfor, besi, belerang, vitamin B1 dan C.

3. Seledri

Bagian tanaman yang digunakan adalah daun dan herbanya. Herba seledri mengandung flavonoid, kumarin, manitol serta minyak atsiri. Flavonoid apigenin dalam herba seledri dapat menurunkan tekanan darah. Sedangkan rebusan daun seledri dapat digunakan untuk memperlancar pengeluaran air seni.

Namun senyawa firanokumarin dalam herba seledri dapat memicu terjadinya reaksi alergi. Selain itu, biji seledri dapat memengaruhi siklus menstruasi, sehingga minyak biji selederi sebaiknya tidak dikonsumsi oleh wanita.

Seledri

4. Daun sereh wangi

Daun dan akar sereh wangi berkhasiat sebagai penghangat badan, peluruh keringat, dan obat kumur. Daun sereh wangi mengandung saponin, flavonoid, dan polifenol. Daunnya juga mengandung minyak atsiri dengan sitral, sitronelol, geraniol, metilheptenon, eugenol-metilete, dipentel, eugenol, kadinen, kadinol, dan limonene.

Minyak atsiri daun dan akar sereh wangi dapat menghambat pertumbuhan bakteri pemicu penyakit, seperti staphylococcus aureus, streptococcus hemolitic, pseudomonas aeruginosa, escherichia coli, bacilus subtilis, salmonella typhimurium, apergillus niger dan candida albicans. (tsy)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya