Perhatikan Hal Ini untuk Persiapkan Kehamilan

Ilustrasi kehamilan.
Sumber :
  • Pixabay/ ekseaborn0

VIVA – Momen kehamilan merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak pasangan suami istri. Namun, untuk sukses meraih kehamilan, bukan berarti tidak membutuhkan persiapan yang matang.

Makan Daging Merah Bantu Tambah Kesuburan Pasangan?

Pada 6 bulan pertama usia pernikahan, sebesar 75 persen peluang kehamilan dapat diraih. Sementara itu, usai 1 tahun pernikahan, sekitar 85 persen peluang kehamilan bisa didapatkan.

"Peluang tersebut bisa didapatkan dengan syarat tiap pasangan sudah berhubungan seks dengan benar dan teratur. Disarankan berhubungan seks sebanyak 2-3 kali dalam seminggu untuk menjaga kualitas sperma tetap baik," ujar spesialis kandungan, dr. Beeleonie, BMedSc, SpOG(K), di Jakarta beberapa waktu lalu.

Masa Depan Kaum Adam Terancam Gelap

Selain itu, usia wanita sangat menentukan peluang kehamilan. Dmana jumlah sel telur perempuan akan menurun drastis saat mencapai usia 37 tahun.

"Di usia 37 tahun, sel telur tersisa 25ribu dari saat awal 75ribu. Kalau menikah di atas 35 tahun dan sudah 6 bulan belum hamil, segera periksa kondisi kesehatan ke dokter," kata dia.

15 Persen Penyebab Pasangan Tidak Punya Anak karena Pria Tidak Subur

Gaya hidup pria juga berperan seperti pada perokok berat, akan sulit memproduksi sperma yang berkualitas. Adapun untuk nutrisi, terdapat tiga macam yang perlu disiapkan.

"Nutrisi yang jelas menunjang kehamilan adalah asam folat. 3 bulan sebelum kehamilan, konsumsi folat sebanyak 400mg. Lalu asupan gandum utuh serta Omega 3 seperti telur dan ikan."

Ilustrasi sperma.

10 Pengobatan Rumahan Alami dan Efektif untuk Meningkatkan Jumlah Sperma Pria

Menurut WHO, konsentrasi normal sperma pada pria minimal 20 juta per ml air mani. Kurang dari 15 juta sperma perl ml dianggap sebagai jumlah sperma rendah oligozoospermia

img_title
VIVA.co.id
20 Maret 2024