Studi: Perempuan Bertubuh Pendek Sulit Kurus

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Pixabay/Unsplash

VIVA – Upaya menurunkan berat badan memang bukan perkara mudah. Meski telah melakukan diet dan olahraga beberapa masih kesulitan mendapatkan berat badan yang diinginkan. 

Orang Kurus Tak Akan Kena Serangan Jantung, Ini Faktanya

Dilansir laman The Sun, semua itu dikatakan berkaitan dengan metabolisme tubuh Anda. Perempuan bertubuh pendek memiliki metabolisme yang lebih lambat karena tipe ini cenderung memiliki massa lemak yang lebih sedikit, sehingga mereka membakar lebih sedikit kalori.

"Perempuan pendek memiliki metabolisme yang lebih lambat," kata Craig Primack dari Obesity Medicine Association.

Gak Makan Nasi Bikin Cepat Kurus? Ternyata Mitos!

Ia menjelaskan, rata-rata perempuan memiliki tingkat metabolisme basal (BMR) 1.400 kalori per hari. Itu artinya, jika dia berbaring di tempat tidur selama 24 jam, dia akan membakar 1.400 kalori.

"Tapi saya melihat wanita yang lebih pendek dari 5 kaki memiliki BMR 1.200 kalori, dan beberapa yang 5,10 atau lebih berada pada 1.750 atau lebih per hari. "

Tubuh Lee Sung Kyung Super Kurus Jadi Sorotan, Netizen Pangling

BMR adalah jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh  untuk bertahan hidup setiap hari. Ini pada dasarnya adalah apa yang akan tubuh bakar jika kita tidak melakukan apa-apa selain istirahat selama 24 jam.

Singkatnya, tubuh membutuhkan kalori untuk berfungsi dengan baik dan memotong kalori yang tidak perlu serta tidak sehat bagi tubuh Anda. Namun ini tidak akan membantu mempertahankan penurunan berat badan dalam jangka panjang.

"Banyak orang menyalahkan kelebihan berat badan karena memiliki metabolisme yang lebih lambat," kata ahli gizi Helen Bond 

Ia menjelaskan bahwa tiap orang  memiliki metabolisme yang sedikit berbeda sehingga penting untuk mempertahankannya agar kita membakar kalori. Semakin banyak otot  tanpa lemak yang  dimiliki semakin cepat metabolisme Anda.(ben)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya