Malam Tahun Baru, Kemenkes Terima Banyak Panggilan Darurat

Malam tahun baru di Tugu Monas, Jakarta Pusat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

VIVA – Malam pergantian tahun seringkali jadi momen yang dimanfaatkan banyak orang untuk berwisata, hingga berkendara keliling kota. Rupanya fakta menunjukkan jika kegiatan tersebut mendatangkan risiko keselamatan, misalnya kecelakaan lalu lintas.

Manfaat Luar Biasa Konsumsi Air Putih yang Sering Diabaikan

Berdasarkan data yang dihimpun National Command Center (NCC) Kementerian Kesehatan, sehari jelang tahun baru, NCC telah menerima panggilan darurat sebanyak 2.823 kali. Hal itu diketahui dari pantauan monitor NCC.

"Panggilan terbanyak adalah kasus kecelakaan dan rujukan. Rujukan yang dimaksud adalah soal ketersediaan fasilitas kesehatan di rumah sakit," sebut NCC dalam keterangan resminya, Selasa 1 Januari 2019.

Nyanyi Lagu Rhoma Irama, Pesona Ariel NOAH Gegerkan Pantai Carnaval Ancol

Seperti diketahui, NCC merupakan layanan 119 kolaborasi Nasional antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah. Ini merupakan layanan integrasi yang berada di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, dengan Public Safety Center (PSC) yang berada di tiap Kabupaten atau Kota. NCC sudah terkoordinasi dengan seluruh kabupaten di Indonesia.

Secara teknis, NCC menerima panggilan gawat darurat dari masyarakat melalui 119, misalnya terkait kebutuhan ambulans bagi korban kecelakaan. NCC akan berkoordinasi dengan fasilitas kesehatan terdekat tempat kejadian kecelakaan untuk mengirimkan ambulans.

Detik-detik Malam Pergantian Tahun, Imigrasi Catat 9 Penerbangan Tiba di Bandara Soetta

"Selama tiga tahun ada enam juta panggilan yang diterima NCC. Panggilan paling banyak berasal dari perkotaan daripada pedesaan."

Jakarnaval

Jakarnaval, Parade Kreatif yang Memukau di Perayaan Malam Muda Mudi Jakarta

Jakarnaval melibatkan beragam karakter lokal, seperti JeKaTe, ikon kreasi Pemda DKI Jakarta dan banyak lainnya.

img_title
VIVA.co.id
5 Januari 2024