Taoge Bisa Tingkatkan Kesuburan Wanita, Mitos atau Fakta?

Ilustrasi taoge.
Sumber :
  • Pixabay/PublicDomainPictures

VIVA – Taoge atau kecambah sering digunakan sebagai bahan makanan terutama di benua Asia. Taoge digolongkan sebagai sayur-sayuran dan memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap. 

10 Pengobatan Rumahan Alami dan Efektif untuk Meningkatkan Jumlah Sperma Pria

Jenis vitamin yang banyak terdapat dalam taoge adalah vitamin E, ada pula vitamin A, C dan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Ada beberapa mitos dan fakta di balik manfaat taoge yang perlu Anda ketahui. Berikut di antaranya seperti dipaparkan oleh dr. Juwalita Surapsari, SpGK dalm program Ayo Hidup Sehat di tvOne.

Makan Daging Merah Bantu Tambah Kesuburan Pasangan?

Dapat meningkatkan kesuburan wanita?

Taoge dapat meningkatkan kesuburan wanita ternyata hanya mitos. Taoge memang memiliki kandungan zat folat yang bagus yang baik untuk ovarium atau indung telur. Meski begitu, taoge tidak bisa dijadikan satu-satunya sumber makanan untuk meningkatkan fungsi indung telur. Sedangkan pada pria, taoge memiliki antioksidan yang bisa melindungi sperma dari kerusakan akibat radikal bebas.

Masa Depan Kaum Adam Terancam Gelap

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari taoge ini, Juwalita menyarankan untuk mengonsumsi 100 gram atau setara satu mangkuk kecil taoge. Dalam 100 gram taoge mengandung 600 mikrogram asam folat yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari tubuh

Taoge dapat mencegah kanker?

Ternyata hal itu adalah fakta. Taoge memang memiliki nutrisi yang luar biasa. Vitamin dan mineral dalam taoge lebih tinggi dan ada kandungan fitoestrogen alamiah yang fungsinya sebagai antikanker.

Konsumsi taoge membuat kulit sehat

Hal itu fakta, karena sering mengonsumsi sayuran, termasuk taoge, bisa membuat kulit bersih. Manfaat ini didapat karena kandungan serat yang membuat buang air besar menjadi lancar. Selain itu, antioksidannya juga dapat membantu regenerasi kulit.

Taoge bisa meningkatkan vitalitas pria?

Itu adalah mitos. Faktanya, taoge mengandung fitoestrogen atau hormon estrogen alami dari tumbuhan yang punya efek pada lapisan pembuluh darah. Kandungan ini dapat membuat pembuluh darah menjadi licin sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.

Begitu banyak manfaat yang bisa didapat dari taoge, jadi jangan ragu untuk sering-sering mengonsumsinya. Namun, harus diingat, sebelum mengolah taoge, pastikan untuk mencucinya sampai bersih dengan air mengalir. Karena taoge dibudidaya dengan media tertutup dan lembap, taoge rentan terkena bakteri sehingga harus dicuci bersih.

Sebelum dikonsumsi, taoge harus direbus sebentar atau minimal disiram dengan air panas dengan suhu 70 derajat. Ketika dimasak pun jangan sampai taoge menjadi benar-benar layu. (tsy)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya