Rendaman Air Ketumbar Bisa Atasi Cacingan, Mitos atau Fakta?

Ilustrasi Ketumbar
Sumber :
  • Pixabay/ PDPics

VIVA – Ketumbar merupakan salah satu rempah yang sering digunakan dalam masakan. Bentuknya kecil-kecil berdiameter satu sampai dua milimeter. Biasanya, ketumbar sering dijodohkan dengan merica dan bawang putih sebagai bumbu masakan.

Tak Biasa, Rose BLACKPINK Suka Rasa Es Krim Unik Ini

Ketumbar yang lebih dikenal sebagai bumbu masak ini adalah biji tanaman ketumbar yang dikeringkan. Bentuk aslinya menyerupai bola-bola kecil berwarna putih, biasanya digerus atau ditumbuk menjadi bubuk. Biji ketumbar utuh dapat bertahan hingga 1-2 tahun, jika disimpan di dalam wadah kedap udara. Sedangkan bubuk ketumbar, dapat bertahan hingga enam bulan.

Selain bermanfaat sebagai bumbu masakan, ketumbar juga dikenal baik memiliki manfaat bagi kesehatan. Banyak masyarakat yang meyakini bahwa rendaman air ketumbar mampu membantu pencernaan daru konstipasi hingga mengatasi cacingan, benarkah demikian? 

5 Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh, Bantu Turunkan Gula Darah

Jika Anda penasaran, topik sehat mengenai ketumbar akan dikupas tuntas dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT (AHS) di tvOne, Senin 7 Januari 2019, bersama spesialis Farmakologi dr Lonah, SpFK. Jika Anda tak sempat menyaksikannya di layar kaca, AHS juga akan tayang live streaming pukul 13.00-14.00 WIB di laman ini.

Ilustrasi herbal.

4 Bahan Herbal Terbaik Lancarkan Aliran Darah, Cegah Stroke dan Penyakit Jantung

Berikut ini adalah 4 tanaman herbal yang dipercaya bisa memperlancar aliran darah dan mencegah penyakit stroke dan jantung.

img_title
VIVA.co.id
29 Desember 2023