Pakai Dua Kondom Sekaligus Lebih Ampuh Cegah Kehamilan, Benarkah?

Kondom
Sumber :
  • Pixabay/ Hans

VIVA – Selama ini kondom dinilai sebagai salah satu kontrasepsi pengontrol kehamilan yang cukup efektif. Selain itu, penggunaan kondom juga mampu meminimalisir risiko terkena penyakit seks menular. Semakin baik kualitas dari kondom tersebut, maka makin kecil pula risiko yang akan datang.

Ello Berbagi Kabar Gembira, Sang Istri Hamil Anak Kedua

Tapi ada sebuah anggapan bahwa hal itu akan semakin efektif jika kondom dengan kualitas yang baik digunakan dua sekaligus secara bersamaan. Namun, benarkah hal itu berfungsi, atau justru malah berbahaya?

Seperti dilansir dari Verry Well Health, para profesional medis memperingatkan bahwa memakai dua kondom sekaligus dapat meningkatkan gesekan antara kondom saat berhubungan seks. Ini bisa membuat mereka lebih mudah pecah atau robek. Karena sulit untuk merancang studi penelitian yang melihat praktik kondom ganda, tidak ada banyak literatur ilmiah yang menjelaskan mengapa memakai dua kondom bukan praktik yang aman.

Viral Curhat Wanita Soal Janinnya yang Tiba-Tiba Hilang, Kok Bisa?

Karena itu, sebagian besar anggota komunitas medis setuju bahwa memakai dua kondom pada saat yang sama kemungkinan akan menimbulkan terlalu banyak gesekan, dan ini dapat meningkatkan kemungkinan salah satu atau kedua kondom akan rusak.

Selain itu, kondom sendiri memang tidak dirancang untuk digunakan secara dobel sekaligus. Sehingga banyak produsen kondom juga menyarankan agar praktik ini tidak dilakukan.

Anak Pertama Masih Belum Setahun, Penyanyi Ratu Meta Umumkan Hamil Anak Ketiga

National Health Service, layanan kesehatan terbesar yang didanai publik, memperingatkan bahwa lebih aman menggunakan satu kondom saja dan memakai dua kondom justru ide yang sangat buruk. Departemen Kesehatan & Layanan Kemanusiaan AS menyarankan, untuk tidak menggunakan kondom  pada saat yang bersamaan, karena ini dapat menyebabkan kedua kondom pecah atau sobek.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam The Journal of Human Sexuality mengatakan bahwa memakai dua kondom pada saat yang sama dapat menyebabkan peningkatan gesekan, meningkatkan kemungkinan sobekan kondom. Para peneliti dari studi lain menyimpulkan bahwa kemungkinan kerusakan saat memakai dua kondom secara bersamaan dan ketika ini terjadi, sebagian besar air mani justru akan bocor di ujung kondom.(nsa)

Ilustrasi wanita hamil mengemudi

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya

Pada momen mudik Lebaran 1445H ini, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) membuka Posko Mudik 'Posko OPOR Bu Bidan' di beberapa lokasi titik mudik. Ada di wilayah mana saja?

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024