5 Hal yang Wajib Dilakukan Usai Bercinta

Ilustrasi bercinta
Sumber :
  • Pexels

VIVA – Sebagian besar orang akan tahu apa yang harus dilakukan sebelum berhubungan seksual. Tapi tidak banyak yang tahu tentang apa yang harus dilakukan setelahnya.

Peradangan Vagina Hingga Seks Menyakitkan, Penelitian Temukan Solusi Atasi Masalah Kewanitaan

Beberapa orang ada yang memilih untuk langsung tidur, sementara lainnya memilih untuk berbicara atau saling bercanda. 

Banyak dilewatkan, ternyata melakukan sesuatu usai berhubungan seks juga sama penting dengan sebelum hubungan seks dimulai. Menurut para pakar, beberapa hal berikut yang dilansir dari Huffington Post, penting untuk dilakukan untuk menambah keintiman. 

Terpopuler: Seks di Pagi Hari untuk Dapat Keturunan hingga Negara Termurah Buat Dikunjungi

Toilet

Apa yang dikatakan orang untuk buang air kecil usai berhubungan seksual benar adanya. 

4 Posisi Seks Aman, Anti Nyeri Buat Pasangan yang Punya Penis Ukuran Jumbo

"Ini hal pertama yang selalu saya sarankan untuk dilakukan usai berhubungan seksual. Ini membersihkan saluran dan menghilangkan bakteri serta racun. Setelahnya mungkin ingin mandi dengan sabun yang lembut dan air hangat," kata Sunny Rodgers, ambassador American Sexual Health Association. 

Sunny juga menambahkan untuk membilas badan dari depan ke belakang. 

Pilih celana dalam nyaman

Sunny kemudian juga mengingatkan untuk mengenakan celana dalam yang nyaman seperti katun. Karena celana dalam yang lembut, nyaman, memiliki daya serap baik, tidak akan membuat area intim iritasi yang biasanya menjadi lebih lembut dan sensitif usai hubungan seks. 

Tidur saling memeluk

Pillow talk, hal ini penting dilakukan usai berhubungan seksual, hormon cinta atau oksitosin dikeluarkan. Hormon ini menciptakan perasaan lebih dekat, kata Chamin Ajjan, psikoterapis dan terapis seks. 

"Berbicara dengan pasangan usai berhubungan seksual adalah hal penting agar saling terhubung dan meningkatkan keintiman. Bisa bicarakan tentang harapan, impian, apa yang ingin dilakukan dengan pasangan atau apapun yang penting untuk berdua," ujarnya. 

Saling memuji

Untuk hubungan seksual ke depannya, penting untuk melontarkan pujian tentang apa yang disuka dari pasangan. 

"Segera setelah hubungan seks, oksitosin masih tinggi, bagikan satu sama lain tentang apa yang benar-benar dinikmati dari hubungan seks bersamanya, baik secara fisik ataupun emosional, ini cara yang bagus untuk menjaga ikatan."

Bahkan jika tidak mencapai orgasme, terhubung pada tingkat emosi dan komunikasi satu sama lain untuk mencari tahu apa yang diperlukan agar bisa mencapai titik temu," kata Karla Ivankovich, terapis pasangan. 

Makan dan minum

"Minum setidaknya setengah gelas air setelah hubungan seksual bisa membantu tubuh terhidrasi dan menjaga energi tetap stabil. Ini juga membantu membuang bakteri dari saluran urine," kata Rodgers. 

Selain itu, tak ada yang bisa memungkiri rasa lapar usai hubungan seksual, hal ini karena kalori yang terbakar dan jantung berdetak cepat. Jadi makan saja beberapa camilan sehat bersama pasangan. Atau jika memungkinkan masaklah sesuatu yang sederhana seperti omelet. Menurut Ajjan hal ini merupakan cara yang baik untuk melanjutkan ikatan serta lebih meningkatkan kerja sama dan komunikasi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya