Sering Bersin Pasca Orgasme, Ini Penyebabnya

Ilustrasi bercinta.
Sumber :
  • Pexels/freestocks.org

VIVA – Semua orang pasti setuju bahwa orgasme sangat diharapkan ketika berhubungan seksual. Bagi banyak orang, proses orgasme adalah hal yang menyenangkan tapi tak bisa ditebak. 

Peradangan Vagina Hingga Seks Menyakitkan, Penelitian Temukan Solusi Atasi Masalah Kewanitaan

Ada berbagai macam reaksi ketika orgasme tercapai, seperti kontraksi hingga terasa di ujung kaki yang diikuti rasa santai. Tapi beberapa hal lain juga sering mengikuti pencapaian kenikmatan berhubungan seksual ini, seperti sakit kepala, menangis, bersin.

Dilansir Huffington Post,  berikut ini hanya sedikit dari banyak fakta mengejutkan yang mungkin terjadi ketika orang orgasme. 

Terpopuler: Seks di Pagi Hari untuk Dapat Keturunan hingga Negara Termurah Buat Dikunjungi

Sakit kepala

Sakit kepala pasca orgasme lebih banyak dijumpai pada pria dan orang yang menderita migrain, menurut Mayo Clinic. Kebanyakan sakit kepala ini hanya berlangsung singkat, tapi bisa juga bertahan hingga berjam-jam atau beberapa hari. 

4 Posisi Seks Aman, Anti Nyeri Buat Pasangan yang Punya Penis Ukuran Jumbo

Tidak diketahui mengapa sakit kepala ini bisa terjadi, tapi beberapa ahli percaya bahwa ini ada kaitannya dengan adrenalin yang terjadi di seluruh tubuh saat berhubungan. 

Menangis

TIba-tiba menangis pasca melakukan hubungan seksual, para ahli tidak begitu yakin mengapa hal ini terjadi tapi menurut mereka ini bukan hal mengejutkan karena umum terjadi. 

"Ini dikenal sebagai postcoital dysphoria. Sejumlah orang dilaporkan merasa sedih, menangis atau emosional setelah orgasme," kata terapis seks, Vanessa Marin. 

Tapi jika itu sering terjadi usai berhubungan seks, seperti merasa malu, bersalah atau sedih, temui terapis untuk mencari tahu kenapa dan dari mana perasaan tersebut berasal. 

Bersin

Pernah bersin usai orgasme, peneliti juga tak yakin mengapa orang bisa bersin usai orgasme. Tapi mereka menduga ini mungkin ada kaitannya dengan jaringan di sistem saraf otonom yang bertanggung jawab untuk refleks seperti bersin, juga gairah seksual. 

"Kami masih belum tahu, fungsi tertentu bisa sedikit bingung di otak," kata Dr.Mahmood Bhutta, dokter bedah THT yang mempelajari fenomena ini. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya