Dikira Tumor, Ternyata Lintah Menempel di Tenggorokan Wanita Ini

Lintah hidup
Sumber :
  • Pixabay/Ellen

VIVA – Seorang wanita berusia 63 tahun asal Vietnam yang menjalani prosedur laparoskopi untuk mengangkat tumor di tenggorokannya baru-baru ini dibuat terkejut dengan apa yang ditemukan dokter. Bukan tumor, dokter malah mengangkat lintah dari tenggorokan wanita itu yang dilaporkan sudah menempel di sana selama tiga bulan.

Obati Mimisan Ternyata di Dalam Hidungnya Ada Lintah Hidup

Dilansir dari laman Oddity Central, sebelum operasi, wanita tanpa nama dari wilayah pegunungan Vietnam, provinsi Ha Giang, mengeluhkan sakit kepala hebat, hidung sering mampet, dan sensasi lendir yang mengalir ke tenggorokannya selama beberapa minggu. Ia akhirnya memutuskan untuk memeriksakan kondisinya ke rumah sakit setempat dan dokter spesialis teling, hidung dan tenggorokan (THT) melakukan serangkaian tes dan menemukan ada massa tak teridentifikasi di tenggorokannya.

Wanita itu kemudian dijadwalkan melakukan operasi laparoskopi untuk mengangkat massa yang diyakini sebagai tumor. Tapi, selama proses operasi, para dokter dibuat terkejut dengan apa yang mereka temukan, yaitu lintah hidup yang menempel di tenggorokan wanita itu.

Treatment Wajah Tak Biasa, Ada yang Pernah Digunakan Kate Middleton

Dalam sebuah video yang diambil oleh Dr. Nguyen Thanh Nam, Wakil Direktur di rumah sakit di Ha Giang, dan dibagikannya dengan izin pasien, Anda bisa melihat lintah berukuran 15 cetimeter (cm) menggeliat di nampan medis setelah diangkat dari tenggorokan wanita itu. Belum diketahui bagaimana lintah itu bisa sampai di tenggorokan, tapi dokter menduga wanita yang tak disebutkan namanya itu secara tidak sengaja menelannya saat mandi atau minum di mata air.

Menilai dari durasi gejala yang digambarkan pasien, Thanh Nam memperkirakan bahwa parasit penghisap darah itu sudah hidup di tenggorokan wanita itu selama sedikitnya tiga bulan.

Langkah RS Polri Buat Sembuh Sinta Aulia, Bocah Penderita Tumor Kaki

Dokter mengatakan, kasus seperti ini sangat langka dan sulit untuk didiagnosis secara tepat. Jika tidak diambil, lintah itu bisa bergerak ke jaringan sinus dan menyebabkan sakit kepala mengerikan serta nyeri di wajah, atau bisa saja lintah pindah ke laring atau pangkal tenggorokan dan menyebabkan masalah pernapasan yang bisa membahayakan nyawa.

Ini bukanlah kali pertama lintah masuk ke tubuh manusia. Tahun lalu, ada kasus medis serupa di China, di mana dokter mengambil lintah yang hidup di dalam lubang hidung seorang pria selama tiga bulan.(rna)

Viral, Perjuangan Dokter Keluarkan Lintah yang Bersarang di Hidung Anak

Viral, Perjuangan Dokter Keluarkan Lintah yang Bersarang di Hidung Anak

Seorang dokter bernama Wiwi Saraswati membagikan pengalamannya saat mencoba mengeluarkan hewan lintah yang bersarang dalam hidung pasien, seorang bocah berusia 11 tahun.

img_title
VIVA.co.id
28 Juni 2023