Ampuh Tangkal Penyakit, Perlukah Minum Suplemen Vitamin C Tiap Hari?

Ilustrasi suplemen vitamin C.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan memiliki peranan penting dalam menangkal berbagai penyakit.

Suplemen Jepang Diduga Picu Masalah Ginjal dan Kematian, Telah Dipasarkan ke Sejumlah Negara

Vitamin C diperlukan untuk menjaga struktur kolagen, yaitu sejenis protein yang menghubungkan semua jaringan serabut, kulit, urat, tulang rawan, dan jaringan lain di tubuh manusia. Struktur kolagen yang baik dapat menyembuhkan patah tulang, memar, pendarahan kecil, dan luka ringan.

Kebutuhan vitamin C memang berbeda-beda bagi setiap orang, tergantung pada kebiasaan hidup masing-masing. Pemenuhan kebutuhan vitamin C bisa diperoleh dengan mengonsumsi aneka buah dan sayur seperti jeruk, tomat, arbei, stroberi, asparagus, kol, susu, mentega, kentang, ikan, dan hati. Tapi saat ini dengan pola hidup yang tidak sehat, suplemen menjadi pilihan lain bagi masyarakat untuk pemenuhan vitamin C.

Suplemen Penurun Kolesterol Jepang Diduga Picu Gagal Ginjal, Sudah Beredarkah di Indonesia?

Seberapa aman mengonsumsi suplemen vitamin C ini? Simak pembahasannya dalam program Ayo Hidup Sehat di tvOne bersama narasumber dr. Tulus Satriasih Sp.FK.

Selain vitamin C, jangan lewatkan juga pembahasan seputar sosis di segmen berikutnya. Sosis adalah suatu makanan yang terbuat dari daging cincang, lemak hewan, penyedap rasa  serta bahan-bahan lain yang secara tradisional dibungkus dengan usus hewan.

5 Tewas dan Lainnya Dilaporkan Gagal Ginjal Diduga Usai Konsumsi Suplemen Buatan Perusahaan Jepang

Tapi, sekarang sering kali pembungkus sosis ini menggunakan bahan sintetis, serta diawetkan dengan suatu cara, misalnya dengan pengasapan. Sosis kerap dikonsumsi sebagai pengganti daging dan biasa diolah dengan cara di goreng, sup atau bakar seperti yang saat ini populer di konsumsi masyarakat. Bersama dr. Juwalita Surapsari, SpGK, sejumlah fakta dan mitos seputar sosis akan dibahas tuntas.

Berikutnya Anda akan diajak membahas seputar asma bersama dr. Yahya Sp.P. Asma adalah penyakit jangka panjang yang menyerang saluran pernapasan.

Penyakit ini ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas yang menimbulkan sesak atau sulit bernapas. Selain sulit bernapas, penderita asma juga bisa mengalami gejala lain seperti nyeri dada, batuk-batuk, dan mengi. Asma bisa diderita oleh semua golongan usia, baik muda atau tua.

Meskipun penyebab pasti asma belum diketahui secara jelas, namun ada beberapa hal yang kerap memicunya, seperti asap rokok, debu, bulu binatang, aktivitas fisik, udara dingin, infeksi virus, atau bahkan terpapar zat kimia. Namun banyak masyarakat beranggapan sakit asma adalah penyakit keturunan dan sulit disembuhkan. Benarkah?

Simak semua jawabannya di Ayo Hidup Sehat siang ini pukul 13.00-14.00. Jika Anda tak sempat saksikan di layar kaca, AHS juga akan tayang live streaming di laman ini.  (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya