Tips Pilih Menu Sehat di Restoran Cepat Saji

Ilustrasi makanan cepat saji.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Ketika traveling ke luar negeri, restoran cepat saji menjadi pilihan tepat saat lapar. Bukan hanya soal aman di kantong, memilih restoran cepat saji juga membuat wisatawan merasa nyaman karena sudah familiar dengan menu yang disajikan, sehingga tak perlu lagi beradaptasi dengan makanan yang ada di daerah tersbut. Salah satu resto cepat saji yang sering jadi andalan beberapa di antaranya adalah KFC, Burger King, hingga Mc Donald's.

6 Takjil Rendah Kalori Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Meski terdengar tidak sehat, namun seorang pakar nutrisi sekaligus ahli diet olahraga Sarah Koszyk, RDN mengatakan bahwa mengonsumsi makanan cepat saji bisa juga menjadi sajian sehat asal sesuai dengan porsi gizi yang tepat (tidak berlebih mengonsumsinya).

Dilansir laman Women's Health, Sarah mencontohkan bagaimana mengonsumsi makanan di Mc Donald's namun tetap sehat dan sesuai porsi gizi. Ia merekomendasikan untuk memesan menu paket Happy Meal hamburger, kentang goreng, dan irisan apel untuk untuk gizi seimbang. 

Ngeri! 10 Efek Tersembunyi Makanan Cepat Saji yang Bisa Merusak Tubuhmu

"Makanan dengan porsi tepat mengandung kadar gizi yang cukup bagi tubuh. Menu utama Mc Donald's sebetulnya sudah mencukupi nilai gizi misalnya burger dan kentang goreng," ujarnya.

Paket kentang dan burger yang disebut Sarah mengandung 350 kalori, 27 gram protein, dan 6 gram serat. Di beberapa negara Mc Donald's juga menyediakan menu salad, menurutnya menu salad yang ditawarkan lengkap dengan ayam grill juga bisa menjadi pilihan sehat. 

Tak Mau Kalah dengan di Israel, McDonalds di Timur Tengah Ikut Bela Palestina

"Namun Anda juga perlu memperhatikan jumlah saus yang Anda tambahkan," ujarnya. 

Lalu menu lain yang bisa dipilih adalah protein tanpa lemak dalam menu Grilled Chicken Classic Sandwich, yang juga rendah lemak dan tinggi protein. Jika Anda ingin menikmati sarapan pagi di restoran cepat saji ini, pilihlah menu Mc Muffin putih telur. 

"Untuk 280 kalori, Anda akan mendapatkan roti isi protein yang diisi dengan putih telur dan daging Kanada tanpa lemak."

Tetapi jika Anda benar-benar lapar dan ingin makan burger, ia menyarankan memilih burger ukuran reguler dengan salad dan kentang goreng ukuran kecil. Dengan begitu, Anda dapat memuaskan hasrat Anda tanpa harus memakan banyak kalori dan lemak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya