Dokter Masukkan 5 Liter Bir demi Selamatkan Pasien Keracunan Alkohol

Ilustrasi minuman bir.
Sumber :
  • Pixabay/Alexas_Fotos

VIVA – Seorang pria dari Vietnam, yang sekarat akibat keracunan alkohol dilaporkan selamat. Pria 48 tahun itu selamat, setelah seorang dokter memasukkan 15 kaleng bir atau sekitar lima liter ke dalam perutnya.

Nasib 11 Pedagang Miras di Aceh yang Nekat Berjualan saat Ramadhan, Ini Ancaman Hukumannya

Pria itu adalah Nguyen Van Nhat. Dia dilarikan ke rumah sakit di provinsi Quang Tri Vietnam tengah, setelah ditemukan dalam kondisi tidak sadar pada pada 25 Desember 2018 lalu.

Dikutip dari NextShark, staf medis di Unit Intensif Umum General Ho‌s‌pi‌tal, yang dipimpin oleh Dr. Le Van Lam, segera memasukkan tiga kaleng bir ke dalam tubuhnya untuk memperlambat pemrosesan me‌tanol di hati. Selanjutnya, bir diberikan setiap jam.

Kurnia Meiga dan Azhiera Tampil Bareng meski Sudah Cerai, Gelagapan Ditanya Ini

Sekadar informasi, ada dua jenis alkohol, yakni etanol dan metanol. Etanol adalah sejenis alkohol dalam minuman beralkohol dan masih bersifat aktif jika dikonsumsi dalam jumlah besar, tetapi dihancurkan oleh enzim dan akhirnya dimetabolisme menjadi air dan karbondioksida sebelum dikeluarkan oleh tubuh.

Sedangkan metanol adalah sejumlah alkohol yang lebih banyak ditemukan dalam minuman alkali dan merupakan produk sampingan dari fermasi.

Komentari KDRT Kurnia Meiga Terhadap Istri, Young Lex: Cowok Red Flag Sih Itu!

Metanol ini dapat ditemukan di bensin, cat, thinner, perekat, produk pembersih, tinta dan beberapa minuman seperti minuman keras. Meski etanol dan metanol mirip, tapi metanol tidak bisa diproses dengan baik oleh hati yang akhirnya dikonversi menjadi formaaldehida dan kemudian jadi asam format, zat-zat kimia yang dapat menyebabkan kebutaan permanen hingga penurunan sistem saraf.

Sementara itu, saat diketahui, tingkat me‌tan‌ol yang ada di dalam tubuh Nguyen dilaporkan 1.000 kali di atas batas aman. Sepanjang hari itu, dokter memasukkan 15 kaleng bir ke dalam tubuh pria tersebut untuk membantu menghentikan konversi formaldehida menjadi asam format.

Untuk mencegah metanol menjadi asam format, memberikan bir kepada pasien keracunan metanol memberikan waktu yang dibutuhkan dokter untuk melakukan dialisis. Ini dilakukan untuk mengeluarkan metanol dari tubuhnya hingga akhirnya menyelamatkan kehidupannya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya