Tak Sekadar Bumbu Dapur, Ini Manfaat Tersembunyi Kunyit

Kunyit.
Sumber :
  • Pixabay/Corey Ryan Hanson

VIVA – Tak hanya dikenal sebagai bumbu masak yang memiliki cita rasa dan warna yang khas, kunyit juga dikenal dengan sejumlah manfaat kesehatannya. Bahkan, kunyit sendiri telah digunakan oleh para nenek moyang untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan.

Musim Hujan Bikin Gampang Sakit, Ramuan Herbal Ini Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Secara umum, kunyit memang memiliki senyawa kimia bernama kurkumin. Zat pewarna kuning tersebut diduga mampu membantu proses penyembuhan berbagai penyakit pada tubuh, seperti maag, antiperadangan, antibakteri dan masalah pencernaan.

Selain itu, kunyit juga konon bermanfaat bagi pencernaan. Kunyit juga disebut mampu mengatasi masalah asam lambung dan mengurangi gas pada pencernaan. Namun, di balik manfaat kunyit untuk kesehatan, kunyit katanya dapat meningkatkan risiko batu ginjal dan gangguan fungsi hati, benarkah?

Daun Jambu Biji dan Kunyit Bisa Jadi Solusi Atasi Masalah Pencernaan, Ini Kata Ahli Herbal

Cari tahu lebih dalam tentang manfaat dan kegunaan kunyit untuk kesehatan dalam Ayo Hidup Sehat di tvOne, Kamis, 24 Januari 2019 pukul 13.00-14.00. Acara yang dipandu oleh Dr Sheila Salsabila BMedS dan Indra Bekti serta menghadirkan pakar gizi dr Ida Gunawan SpGK, akan mengulas terkait fakta dan mitos dari kunyit.

Jika Anda tak sempat menyaksikannya di layar kaca, AHS juga akan tayang live streaming di laman ini. (tsy)

Kualitas Udara Memburuk, Ramuan Herbal Ini Ampuh Atasi Sakit Tenggorokan
Zaidul Akbar

4 Rempah Bisa Lancarkan Plak di Pembuluh Darah Jantung, Zaidul Akbar: Tapi Ada yang Lebih Penting

Dokter sekaligus pendakwah, dr. Zaidul Akbar, mengungkap, ada banyak rempah yang bisa dimanfaatkan untuk membantu melancarkan plak di pembuluh darah jantung. Rempah apa?

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2024