Lupa Apa yang Akan Dilakukan saat Membuka Pintu? Ini Penjelasannya

Ilustrasi pintu.
Sumber :

VIVA – Semua orang pasti pernah mengalaminya, naik ke lantai atas untuk mengambil kunci tapi tiba-tiba lupa begitu saja usai masuk dalam kamar tidur. Membuka pintu kulkas kemudian mengulurkan tangan namun lupa apa yang ingin diambil.

Studi: Lewatkan Sarapan Meningkatan Risiko Demensia Empat Kali Lipat

Atau bahkan menjeda omongan teman untuk mengatakan sesuatu yang bahkan semua hilang begitu saja. "Apa yang tadi saya mau katakan."

Meski peristiwa ini bisa memalukan, ternyata hal yang wajar terjadi. Peristiwa seperti ini disebut 'Doorway Effect." Memahami hal ini bisa membantu kelupaan sementara itu gangguan sesaat, meski tak dipungkiri itu mengganggu. 

Kenali Gejala Kekurangan Vitamin B12, Mirip dengan Demensia

Doorway effect terjadi ketika perhatian kita bergerak di antara tingkatan, dan itu mencerminkan kepercayaan ingatan kita. Bahkan ingatan tentang apa yang akan kita lakukan di lingkungan kita berada. 

Seperti kejadian lupa ambil kunci di atas, secara psikologi apa yang terjadi adalah rencana untuk mengambil kunci telah dilupakan di tengah bagian yang lebih penting lainnya, yaitu pergi ke kamar. Setiap hal memerlukan perhatian yang sama penting. 

10 Cara Tingkatkan Daya Ingat Otak dan Kecerdasan Berpikir

Dilansir BBC, efek ini terjadi karena kita mengubah kondisi fisik dan lingkungan, bergerak dari ruang berbeda dan memikirkan hal berbeda.

Ini adalah jendela untuk mengatur koordinat tindakan kompleks, menyesuaikan rencana dengan tindakan dalam satu jalan di mana mengizinkan kita untuk meletakkan pola yang tepat di tempat  yang tepat untuk mendirikan sebuah bangunan pikiran utuh. (ase)

Ilustrasi pria stres atau marah.

12 Gejala ADHD yang Sering Tak Disadari pada Orang Dewasa

Gangguan hiperaktivitas dan kurang perhatian atau untreated attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) yang tak diobati dapat mengganggu keseharian berikut gejalanya

img_title
VIVA.co.id
24 November 2023