Charity Run 5K, Ajang Pengingat Pentingnya Deteksi Kanker Sejak Dini

Jumpa Pers di MRCCC Siloam Hospitals Run 5K For Hope
Sumber :
  • Viva.co.id/Rintan Puspitasari

VIVA – Peringatan hari Kanker Sedunia yang jatuh setiap 4 Februari menjadi ajang untuk mengingat bagaimana penyakit yang ditakuti ini bisa disembuhkan jika diketahui lebih awal. Pasalnya yang terjadi, orang yang datang ke dokter biasanya sudah ada di stadium tiga atau empat.

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Secara nasional, Riskesdas Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada tahun 2013 mencatat prevalensi kanker mencapai sekitar 1,4 persen atau 347.000 orang dari total populasi penduduk, di mana kanker payudara dan serviks paling banyak ditemukan pada perempuan, sementara kanker paru dan kolorektal pada laki-laki. Kematian akibat kanker sebenarnya dapat dikurangi dan dikendalikan apabila kasus terdeteksi dini dan segera mendapat pengobatan. 

Untuk kembali mensosialisasikan pentingnya deteksi dini, MRCCC Siloam Hospitals Semanggi akan menggelar kegiatan Charity Run 5K 'Run for Hope' yang digelar pada Minggu, 10 Februari 2019 dengan rute The Plaza Semanggi-Patung Pemuda Membangun, Senayan dan kembali lagi ke The Plaza Semanggi. 

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

"Dari semua penyakit katastropik yang juga menghabiskan dana pemerintah, kanker adalah nomor dua, dengan jumlah penderita lebih sedikit dari pasien jantung. Artinya kita hanya bisa menurunkan kanker di Indonesia tidak dengan pengobatan canggih tapi dengan membuat ditemukan (kanker) di stadium dini. Di sinilah edukasi masyarakat penting," kata Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia, Prof.DR.Dr. Aru Wicaksono Sudoyo, dalam jumpa pers di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Jakarta Selatan, Selasa 29 Januari 2019. 

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa setiap tahun, peringatan hari kanker, dijadikan reminder bahwa kanker adalah musuh yang bisa dilawan. 

Melahirkan Berulang Kali Dapat Menjadi Risiko Kanker Serviks, Benarkah?

"Acara 10 Februari nanti adalah reminding buat kita sekaligus ajang memberikan informasi, kerjasama dengan MRCCC menyebarkan informasi tentang kanker," ujarnya.

Kegiatan lari ini akan diikuti oleh pasien dan penyintas kanker, dokter, perawat, karyawan, serta manajemen Siloam Hospitals Group, tamu undangan, komunitas lari, dan masyarakat umum. 

Donasi yang terkumpul dari hasil penjualan tiket akan digunakan untuk promosi kesehatan dalam upaya pencegahan kanker di Indonesia, melalui yayasan atau lembaga kanker yang menjadi rekanan MRCCC Siloam Hospitals Semanggi. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya