Studi: Pria Beristri Cantik Rentan Alami Perceraian

Ilustrasi perceraian/patah hati
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Menikah dan hidup bahagia adalah hal yang paling diimpikan setiap pasangan. Namun menjalani pernikahan tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada saja hal-hal yang mampu memicu retaknya rumah tangga. Tak hanya soal kecocokan sifat satu sama lain, ternyata secara fisik, penampilan pasangan juga berpotensi memicu perceraian. 

Usai Cerai dari Kiki Amalia, Markus Horison Kini Gandeng Istri Cantik Berhijab

Profesor Psikologi Sosial dari Eastern Connecticut State university, Madeleine Fugere mengatakan bahwa wanita yang secara fisik memiliki penampilan lebih menarik dibanding prianya akan mudah memicu perceraian.

"Pasangan yang tidak cocok satu sama lain pada tingkat  ketertarikan fisik cenderung gagal dalam membangun hubungan romantis," ujarnya.

Profil Dewi Amalia, Istri Cantik Ajudan Pribadi

Di sisi lain riset tersebut juga membuktikan bahwa pria dan wanita tertarik pada orang yang secara fisik lebih menarik. Bahkan dalam survei kencan online, 25 persen pria dan wanita berharap pasangan mereka berpenampilan lebih menarik dari dirinya.

"Pasangan yang memiliki fisik kurang menarik dari pasangannya juga cenderung akan main mata dengan yang lain dan kurang berkomitmen pada hubungannya, hal itu disinyalir karena tertekan dan cemburu."

BKKBN: Angka Perceraian Tinggi, Setahun Capai 600 Ribu

Dilansir Your Tango, Benjamin Karney dari University of California, Los Angeles (UCLA), mewawancarai 82 pasangan baru menikah tentang tantangan keseharian dalam kehidupan mereka, dan dia menemukan bahwa pria yang menikah dengan wanita secara fisik kurang menarik akan menjalani hubungan yang lebih baik. 

"Para suami ini lebih bahagia dan bersikap helpfull. Mereka juga lebih efektif dan bersikap positif ketika membantu istri menyelesaikan masalah," ujarnya.

Lebih lanjut Fugere mengatakan bahwa penelitiannya tak termasuk bagi pasangan yang memulai hubungannya dengan pertemanan. 

"Bagi pasangan yang memulai hubungan percintaannya dengan pertemanan, daya tarik fisik tidak akan banyak berpengaruh menjadi sumber perceraian." (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya