Makan Nanas Bikin Wanita Hamil Keguguran Ternyata Hanya Mitos

Buah nanas.
Sumber :
  • Pixabay/ Security

VIVA – Konsumsi buah bagi ibu hamil tentu saja baik untuk kesehatan bayi dan juga janin yang dikandung. Namun, hingga kini masih ada yang menyebut bahwa mengonsumsi nanas pada ibu hamil dapat menyebabkan keguguran. Hal ini kerap membuat sejumlah perempuan khawatir. Lantas, benarkah anggapan tersebut?

Rasa Gatal di Mulut Akibat Makan Buah Nanas, Ternyata Ini Penyebabnya

Seperti dilansir dari Live Strong, menurut penulis Rana Conway dalam "What to Eat When You're Pregnant, hal itu hanyalah mitos. Ketidakbenaran ini didasarkan pada adanya senyawa dalam nanas yang disebut bromelain

Anggapan bahwa nanas dapat menyebabkan keguguran awalnya berasal dari logika bahwa bromelain mampu memecah protein. Karena janin terdiri dari protein, mengonsumsi bromelain dapat menyebabkan perdarahan dan keguguran, jelas Conway. 

7 Manfaat Buah Nanas bagi Kesehatan Tubuh dan Pencernaan

Padahal kenyataannya tidak. Walaupun kapsul atau tablet bromelain dapat meningkatkan risiko keguguran, makan nanas segar dalam jumlah yang wajar tidak akan menyebabkan hal yang sama.

Satu atau dua porsi nanas segar setiap minggu selama awal kehamilan dinilai cukup aman. Tapi, tentu saja hal ini harus selalu didiskusikan dengan dokter sebelum menambahkan sesuatu ke dalam diet selama masa kehamilan. 

Jessie J Keguguran, Mengaku Tetap Bertekad Ingin Jadi Ibu

Menurut Conway, seorang harus makan antara tujuh dan 10 nanas utuh pada satu waktu untuk mengonsumsi cukup bromelain yang bisa menyebabkan masalah kesehatan. 

Jika masih khawatir makan nanas, pilihlah nanas kalengan atau jus nanas karena proses pengalengan dan pembotolan menghilangkan sebagian besar, atau semua, bromelain dalam buah. Tapi lagi-lagi cek kadar gula dalam nanas kalengan, karena beberapa produk menambahkan gula buatan sebagai pengawet. (csr)

Ilustrasi Buah Nanas Warna-warni

8 Manfaat Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Berat Badan!

Buah nanas dengan rasa yang segar dan manis, tidak hanya menyegarkan, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh.

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024