3 Manfaat Ajaib Konsumsi Jeruk Mandarin

Ilustrasi buah jeruk
Sumber :
  • Pixabay/Gellinger

VIVA – Identik dengan Imlek, Jeruk Mandarin dengan rasanya yang asam manis, dan ukurannya yang imut, seringkali menjadi hidangan khas di hari raya orang Tionghoa.

Rahasia Keberuntungan Imlek: Mengapa Jeruk Mandarin Istimewa?

Namun tahukah Anda, di balik warnanya yang oranye dan rasanya yang segar, buah ini menyimpan sejuta manfaat. Dan berikut ini manfaat konsumsi jeruk Mandarin seperti disampaikan Spesialis Gizi Klinis, DR dr Samuel Oetoro, MS, SpGK(K) dalam tayangan Ayo Hidup Sehat di tvOne, Rabu 6 Februari 2019.

Membantu menurunkan berat badan

Hindari Mi Instan, 5 Makanan Segar Ini Jaga Imunitas di Musim Hujan

Siapa sangka ternyata di balik buah mungil ini bisa membantu program penurunan berat badan. Tapi ada yang perlu diperhatikan.

"Kalau makan jeruk Mandarin, makanan dikurangi, itu bisa terjadi (berat badan berkurang)," kata Samuel.

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Hal tersebut mungkin terjadi lantaran di dalam jeruk terkandung zat yang membantu membakar lemak.

Mengatasi risiko hipertensi

Kandungan hesperidin dalam kulit buah jeruk ternyata membantu pembuluh darah lebih elastis sehingga mengurangi risiko hipertensi. "Di dalam buah megandung satu zat hesperidin, yang membuat pembuluh darah lebih elastis," jelasnya lagi.

Tangkal radikal bebas

Kebutuhan akan vitamin C harian manusia dewasa adalah 90 hingga 100 miligram. Dan jeruk Mandarin, mengandung 60-90 miligram vitamin C. Jika sering terpapar radikal bebas seperti asap kendaraan, disarankan konsumsi jeruk 4 hingga 5 buah per hari.

"Kalau terpapar radikal bebas berlebih, asap kendaraan, asap rokok, makan jeruk harus lebih banyak, vitamin C di atas 200 miligram, sekitar 4 sampai 4 jeruk per hari. Serabut jangan dibuang, makan sama ampasnya," kata Samuel. Kalau sakit flu, Samuel menyarankan, konsumsi jeruk 6-8 buah per hari. "Bisa di jus." (nsa)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya