Logo BBC

Bolehkah Anak Lakukan Vaksin Tanpa Izin Orangtua?

Vaksin Campak dan Rubella (MR).
Vaksin Campak dan Rubella (MR).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ampelsa

Seorang remaja di Ohio, AS, melontarkan pertanyaan ke situs media sosial Reddit , apakah dia bisa mendapat vaksinasi tanpa izin orang tua, yang kemudian mendapat banyak reaksi beragam.

Sosok remaja itu, Ethan Lindenberger, menulis bahwa dirinya dilarang oleh ibunya untuk mendapatkan vaksin, yang kemudian mendapat ribuan tanggapan pro kontra dari pengguna forum online tersebut.

Dia mengaku sejauh ini sudah mendapatkan lima kali vaksin setelah menunggu usianya mencapai 18 tahun.

Namun demikian, dalam wawancara dengan BBC, Lindenberger mengatakan bahwa ibunya masih tidak setuju atas pilihannya. Walau bersikukuh atas pilihannya, dia meminta maaf kepada ibunya terkait komentarnya perihal perangai ibunya.

"Ketika saya menulis di Reddit, saya banyak mengumbar ketidaksenangan saya atas sikap ibu saya, dan saya tidak memikirkan bahwa apa yang saya tuliskan itu bakal beredar di mana-mana."

Lebih lanjut dia mengatakan: "Saya pikir ibu saya tidak rasional, saya murka dan saya kesal, dan saya mengatakan sesuatu yang seharusnya tidak saya katakan," katanya pada program radio BBC World Service OS.

"Saya harus meminta maaf untuk beberapa hal yang saya tuliskan di Reddit, yaitu saat saya mengatakan `dia tidak rasional, gila, bodoh` - karena saya kesal, saya tidak merasa berada di ruang publik. Saya seharusnya melindungi ibu saya. Ini tidak adil baginya ... "