Benarkah Jamu Efektif Cegah Penyakit?

Ilustrasi jamu.
Sumber :
  • pixabay/Ajale

VIVA – Khasiat jamu sebagai pengobatan tradisional telah dipercaya mampu mengobati sejumlah masalah kesehatan. Konsumsi jamu sendiri, juga telah banyak dilakukan secara turun menurun. Tetapi, benarkah jamu bisa mencegah terjadinya penyakit. 

Profil Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu yang Meninggal Dunia

Direktur Kesehatan Tradisional, Kemenkes, dr. Ina Rosalina, Sp.A(K) mengatakan bahwa jamu memang efektif untuk menangkal penyakit. Selain itu, meminum jamu juga tergolong mudah dan murah. 

''Minum jamu adalah cara murah mencegah berbagai penyakit dan itu sudah biasa dilakukan oleh masyarakat,'' kata Ina dalam siaran pers yang diterima VIVA, Jumat 15 Februari 2019.

Penyanyi Bro Hizrah yang Sempat Viral Kini Sukses Jadi Milyarder di Bisnis Herbal

Namun, tambah Ina, masyarakat juga perlu memperhatikan jenis jamu yang akan dikonsumsi. Sebab, ada beberapa orang yang alergi dengan jenis jamu tertentu. Akibatnya, Ina mencontohkan, jika minum salah satu jenis jamu, efek yang langsung dirasa adalah sakit perut.

Namun, jamu merupakan bagian dari obat herbal. Intinya, dengan mengonsumsi obat herbal dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Momen Keanu Massaid Jualan Jamu Keliling

Khasiat dengan sering mengonsumsi jamu adalah membantu revitalisasi tubuh, sehingga tubuh menjadi sehat. Contohnya pegagan, jenis herbal itu dapat melancarkan peredaran darah ke otak sehingga dapat mencegah kepikunan.

Indonesia memiliki berbagai jenis tanaman herbal, bahkan bisa dipromosikan di skala internasional sebagai negara pemanfaat tanaman herbal untuk mencegah penyakit.

''Kita (Kemenkes) bekerja secara promotif preventif. Pencegahannya bisa dilakukan dengan mudah dan murah dengan cara tradisional dan terampil seperti minum jamu dan akupresur,'' kata Ina. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya