Trik Aman Pakai Kondom untuk Cegah Kehamilan dan PMS

Kondom.
Sumber :
  • Pixabay/kerryank

VIVA – Banyak orang tentu sudah tahu bahwa kondom adalah alat kontrasepsi yang efektif digunakan untuk mencegah kehamilan dan juga penyakit menular.

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya

Keefektifannya bisa maksimal jika digunakan sesuai instruksi dan menggunakannya setiap kali melakukan hubungan seks vaginal, anal, atau oral.  

Tapi ada ketakutan tersendiri bahwa perempuan masih bisa hamil meski pasangan telah menggunakan kondom saat melakukan hubungan seks.

Ello Berbagi Kabar Gembira, Sang Istri Hamil Anak Kedua

Pertanyaannya, seberapa efektif kondom mencegah kehamilan? Mungkinkah seorang yang telah menggunakan kondom saat berhubungan intim tetap bisa hamil?

Seperti dilansir dari Planned Parenthood, jika menggunakan kondom dengan sempurna setiap kali berhubungan seks, kondom 98 persen efektif mencegah kehamilan. Tetapi banyak orang menggunakannya secara tidak tepat.

Viral Curhat Wanita Soal Janinnya yang Tiba-Tiba Hilang, Kok Bisa?

Semakin baik menggunakan kondom dengan benar setiap kali berhubungan seks, semakin baik kondom itu bekerja. Tapi ada kemungkinan kecil bahwa seseorang akan hamil bahkan jika selalu menggunakannya dengan cara yang benar.

Cara terbaik untuk membuat kondom berfungsi sebaik mungkin adalah dengan menggunakannya dengan benar setiap kali melakukan hubungan seks vaginal, oral, dan anal. Itu berarti memakainya sepanjang waktu, dari awal hingga selesai.

Pastikan kondom digulung pada penis dengan cara yang benar sebelum ada kontak kelamin dari kulit ke kulit.

Menggunakan kondom ditambah bentuk lain dari alat kontrasepsi (seperti pil, IUD, atau suntikan) adalah cara yang bagus untuk mendapatkan pencegahan dan perlindungan kehamilan ekstra juga terhadap PMS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya