Ani Yudhoyono Idap Kanker Darah, Benarkah Gejala Awalnya Cepat Capek?

Ilustrasi kanker.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Baru-baru ini, Ani Yudhoyono yang merupakan istri dari Presiden RI ke-enam, Susilo Bambang Yudhoyono dikabarkan tengah menjalani perawatan di Singapura, akibat kanker darah atau leukemia yang dideritanya.

Perut Membesar dan Lebam di Kulit, Bisa Jadi Tanda Kanker Darah pada Anak

Hal ini mengejutkan publik, karena Ibuu Ani—sapaan akrabnya, selama ini selalu tampak sehat dan segar.

Sehingga, ketika ia terlihat terkulai lemah di rumah sakit, banyak publik tidak percaya. Penyakit yang dideritanya, hingga kini masih belum diketahui dengan pasti apa penyebabnya. Banyak orang yang menyebut bahwa gejalanya bisa seperti kelelahan, yang terkadang menyerupai gejala penyakit lain.

Bocah Penderita Kanker Tewas Gara-gara Ditenggelamkan Paksa di Sungai Gangga

Tetapi, apakah setiap keluhan kelelahan, berarti merupakan gejala dari penyakit kanker darah? Atau, seperti apa gejala spesifiknya? Dalam akun Youtubenya ,Vito Damay SpJP (K), M.Kes FIHA FICA, bersama dengan dokter spesialis penyakit dalam, dr Andre SpPD, mengulas gejala yang kerap dialami oleh penderita kanker darah.

Sederet Fakta Penyakit Leukemia yang Perlu Diketahui, Bisa Menyerang Segala Usia

"Umumnya lemas, pucat, kadang-kadang kalau aktivitas lemas, kadang pendarahan hidung bawah kulit ini keluhan mirip penyakit lain," ungkap Andre dalam video YouTube tersebut.

Selain sering muncul keluhan cepat kelelahan, gejala lain yang kerap muncul ialah keluar darah pada gigi, terutama pada saat menyikat gigi. Kemudian juga meriang, terutama saat malam hari. Ia mengatakan, kalau gejala ini bertahan lama bisa sampai kurang lebih satu bulan sebaiknya berhati-hati.

"Kapan curiga ke arah sana? Biasanya orang-orang tertentu kalau anak cepat capek lemas, mimisan demam enggak jelas, harus curiga ke arah sana. Kalau orang dewasa, perut begah, terutama bagian kiri," kata dia. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya