Ternyata Tidur Juga Bisa Membakar Lemak

Ilustrasi tidur.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Saat ingin menurunkan berat badan, banyak orang biasanya melakukan diet ketat dan olahraga. Padahal, tanpa disangka, tubuh bisa membakar lemak, bahkan saat kita terlelap. 

Waspada, Ini 4 Bahaya Langsung Tidur Setelah Sahur, Bisa Sebabkan Diabetes

Bagaimana itu bisa terjadi? Tidur yang baik membantu membakar kalori. Fungsi normal tubuh berlanjut bahkan ketika kita tidur. Fungsi tubuh ini membutuhkan energi, yang membakar kalori. 

Sebuah studi dari American Journal of Clinical Nutrition seperti dilansir Times of India, Kamis 21 Februari 2019, menemukan bahwa orang yang mendapatkan tidur nyenyak memiliki pengeluaran energi saat istirahat lebih dari mereka yang tidak tidur dengan benar.

Selain Gak Bikin Lemes saat Puasa, Gerakan Olahraga Ini Dijamin Bikin Kurus

Orang-orang yang tidur dengan benar juga membakar 20 persen lebih banyak kalori setelah makan dibandingkan dengan rekan-rekan mereka yang kurang tidur.

Bahkan jika seorang makan dengan jumlah kalori yang tepat yang direkomendasikan oleh ahli gizi Anda tidak akan menurunkan lemak sebanyak orang yang tidur lebih baik. 

5 Aturan Sahur dan Buka Puasa Ampuh Turunkan Berat Badan!

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Chicago meminta dua kelompok orang untuk mengkonsumsi jumlah kalori yang sama. Tetapi satu kelompok tidur selama delapan setengah jam sementara yang lain hanya tidur selama lima setengah jam. 

Kelompok yang tidur berjam-jam kehilangan lebih banyak berat badan pada akhir bulan dibandingkan dengan mereka yang kurang tidur. (ren)

Ilustrasi beraktivitas di bulan puasa

6 Olahraga Aman saat Menjalankan Puasa Ramadan

Olahraga saat puasa dapat memberikan banyak manfaat, seperti meningkatkan stamina, menjaga kesehatan tubuh dan membantu mengontrol berat badan.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024