Kenali Ciri Benjolan Tumor dan Kanker pada Tubuh, Ada Bedanya

Pengobatan kanker menggunakan alat radioterapi Thomotherapy.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf

VIVA – Kanker menjadi momok yang menakutkan bagi setiap orang. Mengingat penyakit ini yang mematikan terutama jika sudah memasuki stadium lanjut.

Akui Sempat Ragukan Keberadaan Tuhan, Vidi Aldiano Dapat Hidayah Sejak Sakit Kanker

Salah satu gejala atau tanda yang mungkin umum diketahui masyarakat mengenai kanker adalah adanya benjolan di sekitar area kanker.

Namun, nampaknya masih banyak dari masyarakat yang belum sepenuhnya mengetahui beda dari tumor dan kanker serta menganggapnya sama. Memang, tumor dan kanker sama-sama ditandai dengan adanya benjolan tapi keduanya ada perbedaan.

Ada Kabar Baik untuk Pasien Kanker Paru-paru

“Tumor jinak tumbuhnya ada kayak kantongnya, kelihatan bagus kalau diraba, kayak kelereng rata permukaannya, membesarnya di situ saja enggak menyebar ke mana-mana karena ada kantongnya,” kata Spesialis Bedah Onkologi RS Medistra, dr. Sonar Soni Panigoro, Sp.B (K) Onk, di Jakarta, Sabtu 23 Februari 2019.

Ia melanjutkan, berbeda dengan tumor yang memiliki kantong, kanker tidak memiliki kantong dan jika diraba terdapat tonjolan yang lama-kelamaan bisa membesar. Dan, kalau makin besar akan melekat di otot dan kulit.

Kombinasi Pengobatan Kanker Paru dengan Imunoterapi Janjikan Harapan Hidup Lebih Tinggi

Sonar juga menambahkan hanya ada sekitar 15 persen dari sekian banyak benjolan yang perlu diwaspadai bisa menjadi kanker. Maka dari itu perlu memeriksa dengan USG dan biopsi, mengingat jika melakukan pendeteksian dini melalui tangan memiliki keterbatasan.

“Tangan keterbatasan maksimal 1 cm (ukuran kanker) di bawah itu susah. Dan dari semua benjolan hanya 15 persen yang kanker, 85 persen bukan apa-apa jadi jangan takut dulu. Ini suka salah arti terapi hoax pakai obat herbal sembuh bukan kanker dan bisa hilang sendiri kalau sekarang kista bisa hilang,” ungkapnya. (art)

Nunung Srimulat

Nunung Srimulat Bugar Kembali, Proses Pengobatan Selesai

Kondisi Nunung Srimulat kini semakin sehat. Meski proses pengobatan selesai, Nunung tetap wajib melakukan kontrol ke dokter. Seperti apa kisahnya?

img_title
VIVA.co.id
16 Maret 2024