Ini Pentingnya Paham Soal Akreditasi Rumah Sakit

Ilustrasi rumah sakit.
Sumber :
  • Pixabay/1662222

VIVA – Hingga saat ini masih banyak pasien yang tidak memahami bahkan tidak terlalu mempedulikan status akreditasi sebuah rumah sakit.  Padahal, menurut Ketua Eksekutif Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) DR. dr. Sutoto, M.Kes, akreditasi sebuah rumah sakit bisa menjadi acuan bagi pelayanan kesehatan di dalamnya.

KARS Bantah Kewalahan Akreditasi Rumah Sakit

Lantas bagaimana cara mengetahui rumah sakit yang sudah terakreditasi? Sutoto menjelaskan, umumnya rumah sakit yang terakreditasi mengumumkan hasil akreditasi di website, dan sejumlah ruang-ruang di sudut rumah sakit. 

"Masyarakat kalau memilih RS lihatlah ke bintang akreditasi. Itu sudah lebih banyak memenuhi standar. Jadi persis seperti hotel. Lihat bintangnya," kata Sutoto saat ditemui di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Senin, 25 Februari 2019. 

10 RS Tak Terakreditasi, Kemenkes: Direkturnya Bukan Tenaga Medis

Ia menjelaskan bahwa rumah sakit yang memiliki akreditasi tinggi akan menjaga  mutu dan juga keselamatan dari pasien. Semua itu juga tertuang dalam kontrak yang harus dipatuhi rumah sakit. 

"Kalau ada laporan pelanggaran, KARS akan melakukan investigasi. Kita pernah ada kasus lulus utama, ada laporan dari masyarakat kalau RS  tersebut kok memberikan obat palsu ke pasiennya," ujar Sutoto. 

3 Layanan yang Harus Diberikan RS Meski Kontrak BPJS Kesehatan Habis

Hal itu pun langsung ditelusuri oleh Dinas Kesehatan terkait. Menyusul kejadian itu, KARS, juga langsung mencabut sertifikat dari rumah sakit tersebut. (rna)

Ilustrasi rumah sakit.

Cari Rumah Sakit dengan Mutu Pelayanan Terbaik, Lihat dari Hal Ini

Ketua Umum Lembaga Akreditasi Mutu dan Keselamatan Pasien Rumah Sakit (LAM-KPRS), dr. Andi Wahyuningsih Attas, Sp.An., KIC., MARS mengingatkan pentingnya akreditasi.

img_title
VIVA.co.id
21 November 2021