Duri Ikan Bandeng Bisa Turunkan Kolesterol, Mitos atau Fakta?

Penjualan Ikan Bandeng
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA – Bandeng adalah salah satu jenis ikan yang cukup terkenal di Indonesia, bahkan salah satu kota menjadikannya sebagai oleh-oleh khas daerah tersebut. Tak banyak yang menyangka jika ternyata ikan bandeng ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. 

Suka Hangatkan Makanan Sisa Buka untuk Sahur? Hati-hati Bisa Sebabkan Masalah Serius Ini

Meski enak, namun banyaknya duri dan ukurannya yang cukup kecil membuat sebagian besar orang justru lebih memilih mengonsumsi bandeng yang dimasak dengan cara dipresto. Presto adalah salah satu metode masak dengan menggunakan panci bertekanan tinggi, sehingga daging bahkan duri ikan dan tulang ayam bisa lebih mudah lunak dan cepat matang.

Di masyarakat beredar isu bahwa ikan bandeng (terutama bagian tulangnya) memiliki manfaat sehat, salah satunya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat, mencegah penyakit jantung, baik untuk daya ingat dan mencegah nyeri pada tulang. Namun sayangnya nutrisi yang terkandung dalam tulang ikan bandeng akan mudah hilang jika dimasak presto. Benarkah?

Tanpa Disadari, Konsumsi Makanan Ini saat Buka Puasa Bisa Tingkatkan Kadar Kolesterol

Spesialis Gizi Klinis dr Diana Suganda, M.Kes, SpGK akan membahasnya dalam tayangan Ayo Hidup Sehat (AHS) di tvOne, Senin 25 Februari 2019.

Tak hanya itu, AHS juga akan membahas soal gejala sakit kepala bersama DR dr Salim Haris, SpS(K).FICA. Jika tak sempat menyaksikan di layar kaca, AHS juga akan tayang live streaming pukul 13.00-14.00 WIB di laman ini. (rna)

Omega 3 Sulit Didapat dari Protein Hewani Binatang Darat, Dokter: Konsumsi Ikan atau Udang
Ilustrasi Kelelahan, Ngantuk, bekerja

Kurang Tidur Saat Puasa, Bisa Picu Kenaikan Kadar Kolesterol, Kok Bisa?

Jam tidur menjadi lebih sedikit selama Ramadhan. Sebab, umat muslim harus bangun pada pukul 03.00 atau pukul 04.00 pagi untuk menjalankan sahur.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024