Jaga Kesuburan, Ini 5 Cara Tingkatkan Kualitas Sperma

Ilustrasi by Pixabay.com.
Sumber :

VIVA – Kualitas kesuburan seorang pria turut menentukan harapan dan peluang memiliki keturunan. Kesuburan seorang lelaki ditentukan oleh berbagai faktor, di antaranya adalah kualitas  sperma. Sperma pria harus mempunyai kuantitas dan kualitas yang baik untuk dapat menghampiri dan membuahi ovum wanita. “Jika pria mempunyai jumlah sperma sedikit atau kualitas sperma buruk, maka untuk mencapai kehamilan dirasa agak sulit,” kata dr. Bumi Piwulang Caraka

Terpopuler: Kebiasaan yang Buat Pria Disfungsi Ereksi sampai Negara yang Diramalkan Hilang dari Peta

Ketidaksuburan pada pria dapat disebabkan oleh kelainan bawaan, ketidakseimbangan hormon, pembuluh darah di sekitar testis melebar, atau berbagai kondisi yang menghalangi jalannya sperma untuk sampai ke ovum.

Bumi juga menjelaskan ada beberapa faktor gaya hidup yang dapat memengaruhi kesuburan pria. “Terlalu banyak berolahraga, stres, obesitas, merokok, minum minuman beralkohol, penggunaan obat terlarang, paparan racun dan bahaya lingkungan, dan temperatur panas pada testis yang dapat mengurangi produksi sperma,” jelasnya.

Tanpa Disadari Kebiasaan Ini Bikin Pria Disfungsi Ereksi Sampai Susah Orgasme

Nah, untuk memperbaiki kualitas kesuburan, seorang pria biasanya dianjurkan minum obat tertentu atau menjalani terapi-terapi khusus yang disarankan dokter. Akan tetapi, ada juga beberapa cara alami yang dapat dicoba untuk memperbesar peluang mendapatkan seorang anak. Beberapa langkah ini dapat membantu memperbaiki kualitas kesuburan.

1. Jaga berat badan

Wow! Tes Genom Bisa Deteksi Kanker dan Disfungsi Ereksi Pria, Ini Caranya!

Studi dari Harvard School of Public Health menemukan, pria yang terlalu gemuk, 11 persennya cenderung memiliki produksi sperma yang rendah dan 39 persennya tidak memiliki sperma sama sekali saat ejakulasi. Bahkan, pria yang obesitas, 42 persennya memiliki produksi sperma yang rendah dan 81 persennya tidak bisa memproduksi sperma sama sekali saat ejakulasi.

2. Kurangi merokok

Merokok tidak hanya berdampak pada organ paru-paru, tapi juga terhadap kesuburan pria. "Merokok dapat berdampak pada jumlah dan gerakan sperma serta kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bahkan, kandungan tembakau dapat ditemukan di dalam sel sperma pria perokok," ujar Direktur Center for Male Fertility, Cleveland klinik, Edmund Sabanegh.

3. Tidur cukup

Studi di Boston University School of Public Health melakukan observasi pada 800 pasangan, di mana para pria diminta tidur kurang dari enam jam semalam dan lebih dari sembilan jam semalam. Hasilnya, 42 persennya cenderung memicu pasangan dengan kemungkinan kehamilan yang rendah dibandingkan pria yang tidur selama 7 hingga 8 jam per malam.

4. Tambah asupan vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan yang membuat membran-membran sel menjadi stabil dan ini bermanfaat baik bagi sperma. Buah-buahan seperti jeruk, mangga, semangka, stroberi dan sayuran seperti brokoli, tomat, dan kecambah adalah makanan yang kaya dengan vitamin C.

5. Pakai celana bokser

Walaupun mungkin tidak seefektif yang diyakini oleh sebagian orang, mengganti celana dalam ketat dengan celana bokser atau celana kolor mungkin dapat menaikkan hitungan sperma Anda, pasalnya testis Anda akan lebih sejuk.

Dan yang tidak kalah penting adalah mengatur kadar stres pada diri Anda. Walaupun dokter belum tahu mengapa stres yang berlebihan dapat mengurangi hitungan sperma, memraktikkan teknik-teknik meredakan stres seperti biofeedback atau relaksasi otot progresif bisa ada gunanya. “Makan-makanan berbasis kacang kedelai, seperti tauge juga efektif meningkatkan kualitas sperma,” tutur Bumi.

Konsultasi seputar disfungsi ereksi dengan dr. Bumi Piwulang Caraka melalui email di THE NGT CLINIC atau submit pertanyaan Anda di kolom di bawah ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya