Pentingnya Makan Sehabis Olahraga

Ilustrasi olahraga.
Sumber :
  • Pixabay/provideos

VIVA – Banyak cara dilakukan seseorang untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Salah satunya adalah mengunjungi pusat kebugaran. Selain membuang lemak, olahraga juga membuat tubuh lebih sehat.  

Olahraga Aman Saat Puasa? Ini Tips Jitu dari Dokter Spesialis UI!

Selain menjalankan serangkaian kegiatan olahraga yang tepat, kita pun perlu memperhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh usai berolahraga. Lifestyle nutrition expert, Alvin Hartanto menjelaskan, ada dua asupan yang dibutuhkan tubuh, yakni karbohidrat dan protein. Menurutnya, kedua jenis asupan itu betul-betul diperlukan tubuh usai melakukan olahraga. 

"Karbohidrat kan gampang diserap dan bagus untuk mengisi energi. Kalau setelah olahraga kan energi habis," kata Alvin di Jakarta, baru-baru ini.

Tips Tetap Aktif Olahraga di Bulan Puasa

Cara termudah usai olahraga adalah mengonsumsi karbohidrat simpel, seperti makan pisang hingga roti. Tapi semua makanan tersebut harus diperhatikan, jangan terlalu berlebih. 

"Dan pastikan juga memakan sumber protein seperti susu atau daging. Protein sendiri berfungsi memperbaiki jaringan otot yang rusak setelah berolahraga. Nah, protein fungsinya perbaiki jaringan otot (yang rusak) tersebut agar cepat sembuh dan lebih kuat dari sebelumnya," katanya.

Meningkatkan Kebugaran dengan Olahraga Baru di Tengah Pandemi

Namun ada beberapa mitos yang mengatakan bahwa usai berolahraga, kita tidak diperbolehkan makan, benarkah?  

"Kalau ada yang bilang sehabis olahraga jangan makan, itu salah. Justru harus langsung makan, kenapa? Alasannya untuk gantikan energi yang hilang. Sebaliknya, jika semakin lama menunda makan, berisiko menggagalkan target berolahraga di pusat kebugaran," tutur Alvin. (rna)

Ilustrasi Olahraga

Tips Olahraga yang Aman dan Efektif Saat Berpuasa

Tidak mudah berolahraga dan melakukan aktivitas fisik sambil menjalani puasa. Namun, untuk membantu menghindari kesulitan, anda dapat mengikuti beberapa saran olahraga.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024