Beras Kencur Bisa Atasi Terkilir, Mitos Atau Fakta

Jamu beras kencur.
Sumber :
  • VIVA/Dwi Royanto (Semarang)

VIVA – Beras Kencur adalah salah satu racikan jamu yang terdiri dari beras dan kencur. Racikan ini sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia karena memiliki manfaat bagi kesehatan.

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Biasanya ramuan beras kencur ini digunakan sebagai konsumsi dan topikal. Beras kencur yang dikonsumsi dalam bentuk minuman (jamu) diyakini dapat menyegarkan badan hingga menambah nafsu makan. 

Sedangkan beras kencur yang digunakan topikal biasanya dibalurkan ke kulit yang lebam atau bengkak karena terkilir maupun terkena benda tumpul. 

Bisa Bantu Kurangi Risiko COVID-19, Ini 3 Cara Dapatkan Vitamin D

Diyakini turun-temurun sebagai herbal kaya manfaat, racikan tradisional khas pulau Jawa ini belakangan juga diyakini dapat mengatasi masuk angin, batuk, mengecilkan perut yang buncit hingga jerawat. Benarkah?

Spesialis Farmakologi, dr Lonah SpFK akan membahasnya dalam tayangan Ayo Hidup Sehat (AHS) di tvOne, Selasa 5 Maret 2019. 

Puasa Berdampak pada Pencegahan Kanker?

Selain soal manfaat beras kencur, AHS juga akan membahas soal aktivitas jogging dengan memakai jaket parasut yang belakangan banyak dilakukan masyarakat untuk membakar lemak lebih cepat saat berolahraga. Tapi, berbahayakah jogging menggunakan jaket parasut dan benarkah manfaatnya mampu membakar kalori lebih banyak?

Jangan lewatkan dua topik menarik tersebut dalam tayangan AHS pukul 13.00-14.00 yang juga akan tayang livestreaming di laman ini. (ldp)

Ilustrasi racikan jamu.

Jangan Sepelekan Manfaat Luar Biasa Jamu, Redakan Batuk Hingga Obati Hepatitis

Jamu merupakan obat herbal dari alam yang memiliki khasiat untuk kesehatan. Jamu juga dapat disebut sebagai obat rumahan karena bisa dibuat sendiri dari rempah-rempah.

img_title
VIVA.co.id
15 Juni 2023