5 Fakta Penyebab Munculnya Bisul

Ilustrasi jerawat
Sumber :
  • http://inwithskin.com

VIVA – Bisul merupakan benjolan merah yang muncul sebagai akibat infeksi bakteri Staphylococcus aureus dan biasanya menimbulkan rasa sakit, dan berisi nanah. 

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Apa saja sih penyebab timbulnya bisul, bersama Spesialis Kulit dan Kelamin, dr.Atika Kusuma Dewi,Sp.KK dalam tayangan Ayo Hidup Sehat (AHS) di tvOne, Jumat 8 Maret 2019 pukul 13.00 hingga 14.00, berikut ini beberapa fakta penyebab timbulnya bisul. 

1.Pakaian ketat

Bisa Bantu Kurangi Risiko COVID-19, Ini 3 Cara Dapatkan Vitamin D

Tren menggunakan pakaian ketat ternyata berisiko menimbulkan bisul pada bagian tubuh tertentu. Terlebih jika baju ketat digunakan dalam durasi cukup lama, sehingga menimbulkan lecet pada kulit, yang akhirnya menjadi tempat masuknya bakteri dan terinfeksi. Penggunaan bahan ketat setiap hari dan jangka waktu lama bisa sebabkan munculnya bisul. 

2.Diabetes

Puasa Berdampak pada Pencegahan Kanker?

Penderita diabetes ternyata juga rentan terkena bisul. Hal ini karena mereka yang mengalami diabetes biasanya menjadi sangat sensitif terhadap infeksi kuman, bakteri, jamur, dan dengan tipe kulit keringnya, yang membuat mudah gatal, kemudian digaruk, hingga lecet dan memudahkan terjadinya infeksi bakteri. 

3.Berpengaruh pada organ lain

Tak hanya terjadi di satu bagian tubuh, ternyata jika tidak diobati dengan benar, bisul bisa menyerang organ lain melalui aliran pembuluh darah, seperti tulang, jantung, otak. Oleh sebab itu bisul tidak seharusnya dipandang remeh, sebaiknya segera obati agar tidak menyebabkan komplikasi. 

4.Jerawat bisa jadi bisul

Jerawat memiliki berbagai macam bentuk, salah satunya menyerupai bisul. Walaupun penyebab bakterinya berbeda, tapi kalau tidak diobati secara benar akan menyebabkan penampakan seperti bisul. 

5.Sistem imun lemah rentan bisul

Hal ini benar adanya, karena sistem imun tubuh yang turun akan membuat tubuh mudah terinfeksi. "Jadi kalau memang kondisi lagi turun, sistem imun tidak baik, pasti terjadi infeksi, salah satunya bisul," kata Atika.  (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya