Kesalahan Paling Sering Dilakukan Pria saat Bersihkan Penis

Ilustrasi pria/laki-laki.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Sebagian pria, terkadang kurang memperhatikan cara membersihkan organ intim mereka dengan tepat. Padahal, aktivitas mereka cukup banyak, dari olahraga, berhubungan seksual, masturbasi, sudah jadi alasan untuk membersihkannya dengan tepat.

Terpopuler: Jadwal Imsakiyah sampai Soal Flu Singapura

Menurut Dr. Darius Paduch, ahli urologi dan spesialis obat seksual pria di New York, sebaiknya gunakan air hangat setiap hari untuk membersihkan bagian testis, penis, dan lipatan.

Dilansir BuzzFeed, berikut cara membersihkan penis yang tepat dan kesalahan yang kerap dilakukan kaum Adam:

Posisi Penis Saat Pakai Celana, Harusnya Menghadap ke Atas atau ke Bawah?

Memakai sabun berlebihan

Jika menyadari ada yang berbau di bagian organ intim atau hanya ingin merasa lebih segar usai berhubungan seksual maupun olahraga, sabuni area tersebut. Sebaiknya, buat busanya di tangan, baru kemudian mengusapnya ke penis, jangan langsung mengusap sabun ke penis.

4 Posisi Seks Aman, Anti Nyeri Buat Pasangan yang Punya Penis Ukuran Jumbo

Tapi ingat, jangan melakukan berlebihan, karena kulit di bagian tersebut halus dan jika dibersihkan menggunakan sabun secara berlebihan akan menyebabkan iritasi. Sabuni bagian penis Anda dua kali dalam sepekan atau berselang hari, jangan lakukan setiap hari. Jika memang ingin melakukan setiap hari, cukup usap lembut dengan tisu basah bayi atau bilas dengan air hangat.

Penggunaan sampo 2 in 1

Jangan pernah menyabuni penis dengan bahan yang seperti ini, karena akan membuat penis iritasi. Hal ini, lantaran mengandung banyak bahan kimia dan deterjen. Cukup, gunakan sabun berpelembap sederhana. Paduch mengatakan, pria tidak memerlukan formula antibakteri, jadi cukup gunakan sabun biasa.

Tidak membersihkan sebelum dan setelah berhubungan seks

Ilustrasi bercinta.

Beberapa pria malas membersihkan organ intimnya sebelum dan sesudah bercinta. Membersihkan bagian intim sebelum berhubungan seks penting, karena sebagai tata krama. Tetapi, membersihkannya usai berhubungan seks, sebenarnya membantu mencegah infeksi. Pastikan membersihkan seluruh tubuh dari cairan tubuh, baik Anda atau pasangan, karena bakteri bisa tumbuh lebih cepat ketika kering di kulit.

Tapi ingat, Anda tak perlu langsung beranjak dari ranjang usai berhubungan seksual. Menurut Paduch, bersihkan penis antara 10 atau 15 menit atau setidaknya sebelum tidur. Sekali lagi, bisa gunakan tisu basah untuk bayi atau gunakan air hangat dan sabun.

Kadang tak membersihkan setelah masturbasi

Tentu saja, cairan yang ada tak sebanyak saat berhubungan seksual. Tetapi, tetap saja Anda perlu membersihkannya usai masturbasi. Dan, jika menggunakan alat bantu seks, pastikan membersihkan alat tersebut menggunakan sabun dan air, lalu mengeringkannya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya