Kena Kanker Testis, Benarkah Tak Ada Harapan Punya Anak?

Ilustrasi pria/laki-laki.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Salah satu ketakutan banyak pria ketika terkena kanker testis ialah bahwa ia tak lagi bisa memiliki anak. Tapi sebuah studi terbaru tampaknya bisa membuat mereka sedikit merasa tenang. Dalam studi tersebut dikatakan bahwa jumlah sperma pria yang melakukan kemoterapi atau terapi radiasi pasca operasi kanker testis tahap awal bisa kembali pulih.

Ungkap Idap Kanker, Kate Middleton: Suami dan Anak-Anak Adalah Sumber Kekuatan Saya

Sebelumnya diketahui melalui studi lain, beberapa kemoterapi atau radioterapi dosis tinggi yang diberikan kepada pria penderita kanker testis lebih lanjut dapat mengurangi jumlah dan konsentrasi sperma. Namun, tidak jelas apakah satu kemoterapi atau radioterapi akan memiliki efek yang sama.

Untuk mengetahuinya, para peneliti mengamati 182 pria, berusia 18 hingga 50 tahun, yang menjalani operasi untuk kanker testis tahap satu.  Para pria kemudian memberikan sampel sperma mereka pada enam bulan, satu tahun, dua tahun, tiga tahun dan lima tahun setelah operasi. Demikian dilansir dari Health24, Kamis, 14 Maret 2019.

Didiagnosis Kanker Pasca Operasi, Kate Middleton Jalani Kemoterapi

"Kami tidak menemukan efek jangka panjang yang merugikan secara klinis, baik dalam jumlah sperma total atau konsentrasi sperma, terlepas dari jenis perawatan pasca operasi yang diterima," kata pemimpin studi Kristina Weibring, seorang dokter kanker di Karolinska University Hospital di Stockholm, Swedia.

Weibring mengatakan, di antara pria yang menerima radioterapi, ada penurunan yang jelas dalam jumlah dan konsentrasi rata-rata sperma selama enam bulan setelah perawatan. Namun, itu tidak terjadi pada mereka yang melakukan kemoterapi.

Kate Middleton Umumkan Idap Kanker

 "Namun, jumlah dan konsentrasi sperma pulih pada kelompok radioterapi setelah enam bulan," kata dia dalam laporan studi yang telah dipublikasikan di Annals of Oncology.

Lebih jauh dia mengatakan, satu rangkaian kemoterapi pasca operasi telah terbukti mengurangi risiko kanker kambuh secara substansial, sehingga mengurangi jumlah pasien yang harus dirawat dengan beberapa rangkaian kemoterapi.

Kate Middleton umumkan idap kanker

Kate Middleton Jalani Kemoterapi Preventif, Benarkah Bisa Bunuh Sel Kanker 100 Persen?

"Operasi saya berhasil. Namun tes pasca operasi menunjukkan adanya kanker. Oleh karena itu, tim medis menyarankan agar saya menjalani kemoterapi preventif," kata Kate.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024