Bersihkan Telinga dengan Cotton Bud, Pria Ini Kena Infeksi Mematikan

Cotton bud atau korek kuping.
Sumber :
  • Pixabay/triyugowicaksono

VIVA – Banyak dokter dan tenaga kesehatan selama ini menyarankan untuk tidak membersihkan telinga degan cotton bud. Selain karena pada dasarnya telinga memiliki mekanisme membersihkan dirinya sendiri, hal tersebut juga berbahaya.

7 Infeksi Telinga yang Sering Dialami, Ini Gejala dan Penanganannya

Inilah yang terjadi pada seorang pria Inggris yang menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinganya. Ia terkena infeksi bakteri yang berpotensi mengancam nyawanya, khususnya di lapisan tengkoraknya. 

Sepotong kapas tersangkut di saluran telinga pria berusia 31 tahun itu. Parahnya kapas tersebut naik ke tengkorak hingga mencapai selaput otaknya. Hal itu menyebabkan gejala neurologis seperti kejang dan jatuh pingsan. Ia kemudian dibawa ke ruang gawat darurat. 

Penelitian Baru COVID-19, Infeksi Ulang dan Bisa Ganggu Telinga

Alexander Charlton, spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan di University Hospital Coventry di Inggris yang merawat pria itu, mengatakan bahwa kejang pria itu dapat dikaitkan dengan infeksi bakteri yang menyebabkan racun atau tekanan otak.

Pria itu kemudian menjalani CT scan dan didiagnosis dengan "necrotizing otitis externa," yaitu infeksi bakteri di saluran pendengaran. Dia dapat menjalani operasi kecil, di mana dokter dapat menemukan dan mengangkat kapas tersebut.

Ombudsman Minta Pengusutan Antigen Bekas Tak Berhenti di Kualanamu

Tetapi pria itu harus menghabiskan sekitar satu minggu di rumah sakit dan harus mengambil dua bulan antibiotik untuk mengatasi infeksinya. Syukurlah dia tidak punya masalah jangka panjang atau masalah pendengaran. (ldp)

Membersihkan telinga

Cara Membersihkan Telinga, Ternyata Tanpa Cotton Bud!

Cara membersihkan telinga yang merupakan bentuk perawatan diri & ini membutuhkan cara yang tepat serta patut menjadi perhatian atau harus diketahui oleh semua orang

img_title
VIVA.co.id
24 Mei 2022