Terasi Baik untuk Tulang dan Gigi, Mitos atau Fakta?

Ilustrasi Terasi
Sumber :
  • youtube

VIVA – Terasi atau balacan adalah bumbu khas Nusantara yang sangat digemari. Berasal dari fermentasi udang rebon, terasi dibuat dengan menumbuk udang rebon hingga halus dan dibentuk gumpalan-gumpalan.

Konsumsi 2 Putih Telur Setiap Pagi, Hal Menakjubkan Ini Akan Terjadi pada Tubuh

Pada umumnya, terasi dipakai sebagai bahan utama untuk membuat sambal. Terasi sungguh sangat dapat menyempurnakan rasa sambal, namun apakah terasi dapat memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh?

Ada beberapa produk terasi yang menjadikan udang sebagai bahan baku utama. Anda tentu tahu bahwa udang merupakan salah satu makanan laut yang kaya nutrisi. Udang merupakan sumber protein, serta vitamin D dan B. Udang juga makanan yang mengandung sedikit lemak jenuh hingga kalsium. 

Seberapa Penting Susu Bagi Anak-Anak? Begini Jawaban Ahli Gizi

Karenanya terasi diyakini masyarakat baik bagi tulang dan gigi. Pakar Gizi Klinik, dr Cindiawati Josito Pudjiadi, SpGK, MARS,MS membenarkan hal itu.

"Terasi itu dari udang rebon, betul kaya akan kalsium dan protein baik bagi tulang dan gigi. Tapi kan berapa banyak kita konsumsi terasi? Enggak banyak kan," ujarnya dalam tayangan Ayo Hidup Sehat (AHS) di tvOne, Kamis, 14 Maret 2019.

5 Makanan Tinggi Protein Menurut Ahli Diet, Kelola Berat Badan Hingga Gula Darah 

Meski bisa dibilang bergizi, namun dalam proses pembuatannya, terasi juga terkadang ditambahkan bahan pewarna agar tampilannya menjadi lebih menarik. Hanya saja, tidak semua pewarna tersebut berasal dari bahan alami.

"Perhatikan juga warnanya, pastikan itu bukan dari pewarna sintetis. Selain itu, sebaiknya terasi dikonsumsi matang untuk menghindari kontaminasi bakteri," katanya. (rna)

Cangkang telur.

5 Manfaat Cangkang Telur untuk Berkebun, Bisa Jadi Pupuk Organik

Cangkang telur adalah sisa organik yang sering dibuang begitu saja setelah kita menggunakan isinya untuk keperluan dapur. Namun, cangkang telur sebenarnya aset berharga.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024