Sebanyak 7.000 Tenaga Kesehatan Dikirim ke Daerah Sejak 2015

Menkes Nila Moeloek di Teluk Bintuni, Papua Barat.
Sumber :
  • VIVA/Tasya Paramitha

VIVA – Sebanyak 7.000 tenaga kesehatan Nusantara Sehat (NS) dan individu telah dikirimkan ke berbagai pelosok daerah sejak 2015. Hal ini sebagai upaya dari pemerintah agar masyarakat mendapatkan layanan kesehatan dengan baik.  

Gara-gara Wanita, Bripda DR Aniaya Tenaga Kesehatan Hingga Hidungnya Patah

Menurut Menteri Kesehatan Nila Moeloek, program NS ini mampu meningkatkan jumlah, jenis, sebaran dan mutu tenaga kesehatan, karena melibatkan berbagai profesi tenaga kesehatan terlatih. NS juga merupakan program Kementerian Kesehatan yang fokus pada Peningkatan Derajat Kesehatan Masyarakat di Daerah Tertinggal (DKMDT), Perbatasan dan Kepulauan Terluar (DTPK) dan daerah bermasalah kesehatan.

“Peserta NS adalah tenaga kesehatan profesional yang mampu memberikan pelayanan kesehatan yang baik. Saya harapkan dengan keberadaan mereka (peserta NS) dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat,” ucap Menkes dari rilis yang diterima VIVA, Jumat, 15 maret 2019.

Lebih dari 5 Ribu Kasus Flu Singapura Dilaporkan di Indonesia

Peserta NS sendiri ialah para tenaga profesional kesehatan yang terdiri dari dokter, dokter gigi, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, tenaga ahli teknologi laboratorium medik, tenaga gizi, dan tenaga kefarmasian.

Hingga saat ini, Kemenkes telah melakukan penyebaran tenaga kesehatan NS sebanyak 7.377 peserta tim dan individu ke-29 provinsi di Indonesia. Pada 2015-2018 sebanyak 3.380 peserta NS Tim telah dikirimkan ke 162 kabupaten/kota dari 29 provinsi. Sementara pada 2017-2018 sebanyak 3.997 tenaga kesehatan NS Individu dikirimkan ke 225 kabupaten/kota dari 29 provinsi di Indonesia. (rna)

Ancaman Terakhir Pemerintah Korea Selatan pada Dokter yang Mogok Kerja
Ilustrasi pemerkosaan.(istimewa/VIVA)

Kisah Pilu Nakes di Simalungun Diperkosa 3 Pria, Seorang Pelaku Mantan Kekasih Korban

Seorang tenaga kesehatan atau nakes, di Kabupaten Simalungun Sumatera Utara, RA (25), menjadi korban pemerkosaan oleh tiga orang pria. Salah satu pelaku mantannya korban.

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024