Manfaat Seledri, Membantu Diet dan Turunkan Tekanan Darah

Ilustrasi seledri
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Daun seledri biasanya hanya dipakai sebagai penambah aroma, atau sebagai hiasan, namun belakangan ini banyak juga digunakan sebagai salah satu cara berdiet. Terlepas dari itu semua, di balik aroma yang menyengat dan bentuknya yang sederhana, ternyata seledri memiliki banyak manfaat. 

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Apa saja manfaatnya? Pakar Farmakologis dr. Tulus Satriasih, Sp.FK akan menjelaskannya dalam tayangan Ayo Hidup Sehat (AHS) di tvOne, Jumat 15 Maret 2019.

1. Turunkan tekanan darah

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Dalam seledri mengandung kalium, natrium, magnesium yang membantu mengontrol tekanan darah. Meski sudah ada penelitian yang membuktikan namun tetap harus dikonsultasikan dengan dokter. 

2. Turunkan berat badan

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Dalam seledri mengandung 75 persen air dan 25 persen serat, jika ditambah dengan pola makan yang baik, berat badan akan bisa terkontrol. 

3. Kesehatan rambut

Seledri mengandung vitamin A, vitamin B, Natrium, Kalium dan mineral lain termasuk zinc yang membantu menjaga kesehatan rambut. 

4. Kesehatan hati

Kandungan flavonoid yang tinggi dalam seledri mampu menjaga kesehatan hati, namun diperlukan penelitian lebih lanjut pada manusia manfaatnya untuk melindungi hati agar terbukti secara klinis. (tsy)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya