Olahraga Lari Bisa Turunkan Risiko Stroke

Ilustrasi wanita cantik.
Sumber :
  • Pixabay/StockSnap

VIVA – Peningkatan kesehatan masyarakat tak hanya dilakukan dengan upaya promotif semata namun juga tindakan preventif. Akses pelayanan, dan ketersediaan obat penting, namun tak kalah penting adalah tindakan pencegahan.

Dukung Industri Kesehatan RI Tumbuh, Simak Straregi Siloam (SILO) Tangkap Peluang

Salah satu upaya tindakan pencegahan adalah dengan olahraga rutin. Laman Health menulis bahwa olahraga berlari paling dianjurkan untuk dilakukan setiap hari, minimal 30 menit. Dengan kesadaran berolahraga, potensi timbulnya penyakit bisa dicegah.

Tak hanya itu, dijelaskan pula bahwa olahraga berlari juga sangat berperan dalam menurunkan faktor risiko terjadinya penyakit diabetes, hipertensi, jantung koroner, dan stroke.

Ekspansi Digital Siloam Terus Berkembang, Investasi Dilanjutkan

Hal serupa juga diungkapkan dr Maria Magdalena Padmidewi, SpPK CEO Siloam Hospitals Surabaya. Lewat Rilis yang diterima VIVA, Selasa 19 Maret 2019, ia mengatakan bahwa olahraga lari juga membantu melancarkan aliran darah. 

"Olahraga lari tentu menyehatkan. Selain melancarkan aliran darah dalam sistem saraf di tubuh, berlari membantu mengurangi berat badan, menghilangkan stres dan mencegah penuaan tulang. Karenanya konsistensi olahraga berlari harus dijaga semua pihak," Ujarnya dalam acara Siloam 5K Family Run di Pakuwon City, Minggu lalu, 17 Maret 2019.

Kabar Duka, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting Meninggal Dunia

Siloam Family Run

Selain rutin adakan kegiatan Family Run, Siloam Surabaya juga memperkenalkan komunitas sehat Medical Community Privilege. Tak hanya benefit kegiatan kesehatan, namun juga fasilitas layanan di RS Siloam Surabaya.

"Kesertaan kami ini sebagai upaya mengampanyekan hidup sehat. Komunitas lain yang ikut di antaranya KulineRun, LhukHo, SegKwa Run, Herbalife Run,," ujar Sally koordinator Bisnis Siloam Regional Area Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara.

Kegiatan Siloam 5K Family Run diikuti 1100 peserta tersebut juga bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke 45 Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI). Acara ini juga menggelar edukasi cuci tangan, mini bazar, games, pembagian doorprize, serta pemeriksaan kesehatan.(zho)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya