Pengungsi Banjir Sentani Rentan Terserang ISPA dan Diare

Dampak Banjir Sentani.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA – Menyusul bencana banjir bandang yang terjadi di Sentani, Jayapura, Papua, Kementerian Kesehatan RI telah mendirikan posko kesehatan di sekitar lokasi bencana. Bahkan, Menteri Kesehatan, Nila Moeloek juga sudah mengirim Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dr. Anung Sugihantono, M.Kes untuk meninjau lokasi di sana.

Suara Bergemuruh! Warga Ungkap Detik-detik 'Galodo' Terjang Permukiman di Lereng Gunung Marapi

"Dirjen kita sudah di sana dan Pusat Krisis Kesehatan (juga sudah dibangun di sana) dan obat-obatan juga sudah kami kirimkan," ucap Nila saat ditemui di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Rabu, 20 Maret 2019.

Ia melanjutkan, hingga kini pihaknya juga telah mengirimkan makanan tambahan bagi para pengungsi yang tinggal di tenda darurat. Tidak hanya itu, pihaknya pun terus memastikan kebersihan lokasi pasca bencana.

Lumpuh 4 Jam Akibat Banjir Lahar Dingin, Jalan Padang-Bukittinggi Kembali Bisa Dilalui

Meski demikian, masih belum ditemukan keluhan penyakit di lokasi bencana. Tapi itu tidak menutup kemungkinan bahwa nantinya akan muncul masalah kesehatan di lokasi bencana.

"Sebentar lagi bisa saja, kan tinggal di pengungsian, mungkin kan udaranya. Kan biasa tinggal di rumah sekarang di pengungsian, bisa saja ISPA (infeksi saluran pernapasan akut), kita takut diare,” ujar Menkes.

Lebih dari 13.000 Orang Dievakuasi di Kazakhstan karena Banjir

Sebagai informasi, hingga saat ini petugas gabungan Polri, TNI, dan Basarnas dibantu masyarakat telah menemukan 99 jenazah korban banjir bandang Sentani. Petugas telah mengevakuasi 82 kantong jenazah ke Rumah Sakit Bhayangkara Papua, dan 43 jenazah berhasil diidentifikasi.

Jumlah pengungsi sendiri kini mencapai 9.691 orang. Mereka ditempatkan di beberapa titik, yakni Halaman Kantor Bupati Jayapura dan rumah rumah warga yang tidak terkena banjir. (zho)

Korban tewas dan selamat banjir bandang saat dievakuasi ke Puskesmas di Kabupaten Langkat.(istimewa/VIVA)

Banjir Bandang Terjang Pemandian Teroh-teroh Langkat, 1 Tewas dan 6 Luka-luka

Banjir badang atau air bah terjang lokasi wisata pemandian Kolam Abadi Teroh-teroh/Pelaruga Jungle, di Dusun I Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingei, Sumatera Utara.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024