Tips Pilih Bantal Sesuai Posisi Tidur Favorit Supaya Nyenyak

Ilustrasi wanita tidur
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Jika Anda kesulitan tidur bahkan setelah melakukan segala cara, seperti mengurangi kafein namun tak membantu sama sekali, mungkin bantal yang Anda gunakan adalah penyebabnya.

5 Rahasia Tidur Nyenyak Tanpa Cemas, Usir Insomnia dengan Tips Ampuh Ini!

Menurut para pakar tidur, bantal harus diganti setiap tiga tahun untuk memastikan bantal tersebut menopang Anda dengan tepat. Selain itu, posisi tidur yang berbeda juga menentukan jenis serta kepadatan bantal yang digunakan.

Seiring waktu penggunaan, bantal akan kehilangan kepadatannya dan menipis sehingga menjadi kurang nyaman. Beberapa ahli memberikan dua tes yang akan mengungkap apakah sudah waktunya Anda mengganti bantal.

5 Posisi Bercinta yang Bikin Cepat Orgasme dan Tidur Jadi Nyenyak

Dikutip dari laman Daily Mail, tes pertama adalah meletakkan bantal di atas lengan dan jika bantal berlipat seperti sadel, maka bantal Anda telah mencapai akhir masa penggunaannya. Tes kedua, dengan meletakkan bantal di atas permukaan keras dan tekan ke bawah di bagian tengahnya. Bantal dengan kualitas baik akan menggelembung lagi ke bentuknya semula begitu Anda mengangkat tangan.

Meski setiap orang punya preferensi berbeda mengenai bantal yang mereka inginkan, tapi ada beberapa aturan umum dalam menentukan bantal terbaik bagi tubuh.

Mandi Air Hangat Ternyata Bisa Bakar Kalori Hingga Turunkan Gula Darah

Tidur telentang

Bagi siapa pun yang suka tidur telentang, mereka harus memilih bantal lembut yang tidak membuat kepala terlalu tinggi atau memberikan tekanan pada leher.

Tidur miring

Bantal yang padat dan tinggi lebih baik bagi mereka yang tidur miring. Bantal ini akan membuat tulang belakang dan leher tetap sejajar. Anda juga bisa meletakkan bantal di antara lutut saat tidur, yang bisa mencegah nyeri di punggung bawah.

Tidur tengkurap

Orang yang tidur tengkurap butuh bantal yang menyokong leher dan punggung, karenanya harus memilih bantal yang lembut. Anda juga bisa menempatkan bantal di bawah perut untuk menyokong punggung bawah Anda.

Banyak orang yang tidur dengan posisi berbeda selama tidur semalaman, karena itu tidak ada formula sempurna dalam memilih bantal. Tapi, pilihan terbaik adalah bantal dengan tinggi sedang yang memberikan sokongan untuk tidur miring, dan bantal yang tipis untuk yang suka tidur telentang.

Untuk memperpanjang umur bantal di atas tiga tahun, cara terbaik adalah menggemukkannya setiap hari untuk mengisinya dengan udara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya