Sering Konsumsi Santan Kelapa Instan, Sehatkah?

ilustrasi santan.
Sumber :
  • Pixabay/Liza redfern

VIVA – Santan berasal dari parutan kelapa tua yang dibasahi sebelum akhirnya diperas dan di saring. Kandungan lemak yang tinggi menjadikan santan sebagai salah satu bahan makanan yang banyak digunakan di indonesia, salah satunya rendang. 

Jangan Lapar Mata Konsumsi Makanan Bersantan saat Lebaran, Simak Ini Bahayanya

Akhir-akhir ini, ada kecenderungan konsumen untuk menggunakan produk siap pakai. Santan yang dikemas melalui proses pasteurisasi (sterilisasi) tidak hanya awet tetapi juga siap untuk diolah. Meski membuat makanan menjadi gurih tapi santan sering dianggap sebagai penyebab munculnya berbagai penyakit dalam tubuh, benarkah?

Spesialis Gizi Klinis dr. Verawati Sudarma Sp.GK akan membahasnya dalam tayangan Ayo Hidup Sehat (AHS) di tvOne, Jumat, 22 Maret 2019. Tak hanya soal santan, AHS juga akan membahas soal manfaat buah ceri bersama pakar Farmakologi Dr. Lonah Sp.FK dan soal kulit keriput hingga tuberculosis bersama Spesialis Paru dr. Erlina Burhan, MSc, Sp.P (K).

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Jika Anda tak sempat saksikannya di layar kaca, AHS bisa Anda simak live streaming di laman ini. (rna)

ilustrasi santan.

10 Bahan Pengganti Santan untuk Memasak, Lebih Lezat dan Sehat

Ada kalanya kita perlu mencari alternatif pengganti santan, entah karena alergi, preferensi diet, atau ketersediaan bahan. Nah, berikut ini 10 alternatif pengganti santan

img_title
VIVA.co.id
19 Agustus 2023