Tuba Falopi Tersumbat, Bisakah Hamil?

Ilustrasi pembuahan sel telur dalam rahim
Sumber :
  • Pixabay/heblo

VIVA – Kehamilan merupakan hal yang paling dinanti setiap pasangan. Namun, berbagai kendala kesehatan sering kali menjadi penyebab menurunnya kualitas kesuburan.

Selamat! Mpok Alpa Umumkan Hamil di Usia 37 Tahun

Salah satu yang cukup banyak dihadapi wanita ketika sulit hamil adalah tersumbatnya saluran tuba falopi.

Tuba falopi merupakan salah satu bagian dari organ reproduksi wanita. Organ ini terletak di antara indung telur (penghasil sel telur) dan rahim dan berfungsi sebagai penghubung antara keduanya.

Cerita Dokter Boyke Tangani Pasien 2 SMP yang Perawan Tapi Hamil, Kok Bisa?

Fungsi utamanya adalah sebagai tempat bertemunya sel sperma dengan sel telur yang sudah matang, sehingga merupakan tempat terjadinya pembuahan. 

Terhambatnya saluran tuba falopi memang merupakan salah satu dari banyak hal yang dapat menyebabkan sulit untuk hamil. 

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya

Penyebabnya juga beragam mulai dari infeksi, perlengketan, endomteriosis, dan sebagainya. Setiap wanita memiliki dua indung telur dan dua saluran tuba falopi.

Setiap bulannya indung telur akan bergantian melepaskan sel telur matang. Jadi pada kondisi tersumbatnya satu saluran tuba falopi, masih terdapat kemungkinan untuk hamil jika masih memiliki satu indung telur sehat dan satu saluran tuba falopi yang sehat. Namun, bagaimana jika tuba falopi tersumbat, masih bisakah hamil?

Dilansir laman web MD, terkadang ada juga kasus di mana tuba falopi tidak sepenuhnya tersumbat dan sperma masih bisa membuahi sel telur. 

Kehamilan masih bisa terjadi, namun kehamilannya lebih berisiko pada kehamilan di luar kandungan atau hamil etopik. 

Apabila sumbatan disebabkan perlengketan seperti akibat nanah dari infeksi maka masih bisa dibersihkan, dan kemungkinan kehamilan antara 20-40 persen setelah operasi dalam kondisi yang sehat. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya