Kebiasaan Pakai Earphone Lebih dari 1 Jam Berisiko Merusak Pendengaran

Mendengarkan musik lewat earphone.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Menggunakan earphone atau headset dalam kehidupan sehari-hari, baik saat di perjalanan, berolahraga lari hingga jalan-jalan santai sudah menjadi sebuah kebiasaan di kalangan masyarakat modern. Pakai earphone atau headset memang mengasyikkan karena tidak akan mengganggu orang di sekitar Anda, namun di balik asyiknya menggunakan perangkat tersebut ternyata ada sejumlah bahaya bagi kesehatan.

Apple Vision Pro Headset Goes on Sale in US Market

Menurut dr Syahrial MH, SpTHT-KL(K), salah satu yang sering terjadi adalah infeksi telinga. Memakai earphone atau headset dalam waktu lama bisa menyebabkan telinga gatal. Kemudian orang cenderung mengorek-ngorek telinga yang berisiko membuat bagian dalam telinga luka, kemudian infeksi.

Selain itu, earphone dan headset yang dipakai lebih dari satu jam bisa merusak pendengaran dan bahkan bisa menyebabkan kerusakan permanen.

Harga Huawei Freeclip Segini, Gimana Menurutmu?

"Kalau berlebihan, baik waktu dan durasinya akan merusak pendengaran secara pelan-pelan. Sedikit-sedikit, tahu-tahu sudah bolot dan itu tidak bisa kembali (normal) karena yang rusak adalah saraf pendengaran. Bukan gendang telinga atau sistem konduksinya," ujar Syahrial di acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Senin, 25 Maret 2019.

Bukan hanya merusak, kebiasaan buruk memakai earphone atau headset berlebihan juga bisa mengakibatkan seseorang kehilangan pendengaran. Itulah sebabnya Anda dianjurkan untuk memakainya maksimal selama satu jam.

Geger Headset Nyangkut di Kuping Selama 5 Tahun, Kok Bisa?

"Maksimal selama 60 menit dengan kekuatan suara 60 persen. Jangan lebih dari itu. Harus diistirahatikan dulu telinga, jadi sel-sel rambut di dalam telinga beristirahat dulu akibat trauma dari headset. Baru boleh dipakai lagi untuk mendengarkan musik," ucap Syahrial.

Ia juga menambahkan, lebih baik menggunakan headphone yang posisinya di luar telinga, daripada earphone atau headset yang umumnya lebih berisiko membuat telinga trauma bising karena dipakainya masuk ke dalam telinga. (rna)

Korban inisial KA, saat meminta pertolongan warga usai dilukai sekelompok OTK

Pemuda di Tangerang Dibegal, Motor Dirampas-Telinga Nyaris Putus Dibacok Pelaku

KA, seorang pemuda di Tangerang, harus mendapatkan perawatan medis usai mengalami luka serius di bagian telinga, motornya raib dibegal

img_title
VIVA.co.id
9 Februari 2024