Sering Batuk dan Terjadi Perubahan Suara, Waspada Kanker Tenggorokan

Ilustrasi sel kanker.
Sumber :
  • Pixabay/skeeze

VIVA – Kanker Tenggorokan adalah kanker yang tumbuh di area tenggorokan. Pertumbuhan kanker ini bisa terjadi di kotak suara, pita suara, maupun bagian tenggorokan lainnya. Sekitar setengah dari kasus kanker ini dimulai di belakang hidung dan berakhir di leher. Biasanya kanker tenggorokan akan berlanjut ke pita suara.

Bisa Menghambat Pertumbuhan Kanker, Ini 5 Manfaat Kesehatan Daun Sirsak

Pertumbuhan sel kanker pada tenggorokan cenderung lebih cepat. Itu sebabnya perawatan yang lebih awal memberi kesempatan lebih baik untuk mencegah kanker di Tenggorokan. Lalu, bagaimana cara mendeteksi bila terserang kanker tenggorokan?

Topik ini akan dikupas tuntas oleh Dr dr Marlinda Adam, SpTHT di program Ayo Hidup Sehat di tvOne, Senin, 26 Maret 2019. Selain itu, topik lain yang akan dibahas adalah tentang buah dan daun sirsak. Kali ini bersama dr Tulus SpPD.

Khasiat Daun Sirsak, Turunkan Kolesterol Hingga Bantu Obati Kanker

Siapa tidak suka buah sirsak? Rasanya yang manis menyegarkan ini umumnya banyak diminati orang, dan biasanya dikonsumsi dalam bentuk jus maupun dimakan langsung. Buah ini kaya akan vitamin C dan antioksidan, konon katanya buah sirsak baik untuk kesehatan kulit, pencernaan, menurunkan kadar Kolesterol, kesehatan tulang, asam urat hingga menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain buahnya, belakangan daun sirsak digadang-gadang juga memiliki khasiat yang menakjubkan. Salah satunya, minum rebusan daun sirsak atau ekstrak daun sirsak dalam bentuk kapsul dapat mencegah perkembangan sel kanker, menurunkan kadar gula darah, menjaga kesehatan jantung hingga menjaga kadar Kolesterol dalam darah. Benarkah?

7 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Sembuhkan Luka

Dipandu oleh dr Haekal Anshari, M. Biomed (AAM) dan drg Tengku Annisa, MARS, Ayo Hidup Sehat tayang pukul 13.00 WIB. Saksikan lewat streaming di sini.

Ilustrasi sel kanker.

Daun Sirsak dan Kulit Manggis Hanya Mitos Obat Kanker, Ini Kata Dokter

Dokter Muthoharrah selaku ahli herbal menggarisbawahi kanker yang sudah bersarang dalam tubuh tidak bisa hilang begitu saja dengan obat herbal. Tapi baik untuk pencegahan

img_title
VIVA.co.id
3 Oktober 2023