Logo BBC

Idap Penyakit Langka, Bocah Ini Alami Puber Pertama di Usia 2 Tahun

Ilustrasi pria/laki-laki.
Ilustrasi pria/laki-laki.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

Patrick Burleigh masih berusia dua tahun saat bulu di kemaluannya mulai tumbuh. Bulu di kemaluan biasanya tumbuh paling cepat saat usia 10 tahun saat seorang anak mulai memasuki masa puber.

Namun bagi keluarga Patrick ini hal biasa. Patrick dan saudara laki-lakinya mengalami kelainan bawaan langka karena mutasi gen yang menyebabkan terlalu cepatnya masa puber datang. Kasus Patrick disebut testotoxicosis, dan dengan kelainan ini testis memproduksi testosteron, hormon seks pria.


Puber pada anak-anak biasanya terjadi antara umur 12 sampai 16 tahun.? Testoteron memicu perubahan tubuh yang terkait dengan puber dan masa remaja.

Para dokter tak tahu persis berapa banyak kasus seperti ini di dunia. Salah satu perkiraannya adalah hanya 1.000 orang yang mengalami ini di dunia. Kasus testotoxicosis terjadi turun menurun dari generasi ke generasi, keluarga Burleigh.


Pada usia tiga tahun, Patrick terlihat seperti usia tujuh tahun. - Patrick Burleigh

Dengan masa puber lebih awal ini, pada usia tiga tahun, berat dan tinggi Patrick terlihat seperti anak usia tujuh tahun. "Yang saya ingat adalah, saya merasa besar," kata aktor dan penulis yang tinggal di Los Angeles dan kini berusia 34 tahun.

"Bukan hanya bulu di kemaluan yang mulai tumbuh, namun juga perubahan fisik," katanya kepada radio BBC World Service, Outlook.