Menatap Payudara Wanita Bikin Pria Panjang Umur, Kok Bisa?

ilustrasi wanita.
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Ada banyak rahasia tentang tubuh manusia dan tak sedikit yang membuat orang terheran-heran ketika mengetahuinya melalui serangkaian penelitian yang dilakukan para ahli.

Omongan Rafathar Ini Bikin Raffi Ahmad Takut Gak Punya Umur Panjang

Jika ingin berumur panjang, khusus para pria, ternyata ada rahasianya. Hal ini merupakan hasil penelitian di Inggris, di mana pria pada umumnya hidup tidak lebih panjang di sana dibanding wanita.

Rata-rata usia pria Inggris adalah 79 tahun, sementara wanita bisa mencapai usia 82 tahun. Rata-rata usia kematian pria di Inggris antara tahun 2012 hingga 2014 adalah 86 tahun, tapi wanita bisa hidup hingga usia 89 tahun selama periode tersebut, menurut data Office of National Statistics.

10 Negara dengan Umur Pendek Terbanyak! Indonesia Masuk? Cek Posisinya di Sini!

Menurut Medical Daily, alasan wanita lebih berumur panjang adalah adanya dua kromosom yang memberikan cadangan jika terjadi mutasi. Meski pria tak memiliki keuntungan tersebut, karena hanya memiliki satu kromosom, ada lima cara pria untuk bisa memperpanjang hidup. Berikut di antaranya, dilansir New York Post, Senin, 1 April 2019.

1. Menatap payudara

Asia Pacific Breast Cancer Summit 2024, Bahas Pentingnya Deteksi Dini Kanker Payudara

Meski terdengar aneh, atau membuat wanita risih, tapi memandang payudara menciptakan pemikiran positif pada pria. Efek ini sama seperti saat memandang hewan yang lucu. Studi tahun 2012 yang dipublikasikan dalam jurnal Internal Medicine menyebutkan, berpikir positif memengaruhi kesehatan.

2. Perbanyak seks

Tentu ini menyenangkan bagi pria, tapi ada alasan medis di baliknya. Sebuah studi BMJ menemukan bahwa seks bisa menurunkan kematian pria hingga 50 persen. Mengingat berhubungan seks bisa mengeluarkan hormon serotonin, hormon bahagia, yang membuat orang merasa lebih baik secara menyeluruh, pereda stres. Dalam studi tersebut, usia harapan hidup pria meningkat tiga hingga delapan tahun pada kelompok yang mengalami orgasme.

3. Menikah

Pria yang menikah memiliki usia hidup lebih lama, tapi ini juga tergantung di usia berapa mereka menikah. Survei pada lebih dari 127 ribu orang Amerika Serikat menemukan bahwa pria yang menikah setelah usia 25 memiliki usia hidup lebih lama dibanding yang menikah muda.

4. Memiliki anak

Pria yang menikah dan memiliki anak, hidup lebih lama dibanding yang tidak. Studi dari Journal of Epidemiology & Community Health menemukan bahwa ketika orangtua mencapai usia 60 tahun,  harapan hidup mereka 2 tahun lebih lama bagi pria dan 1,5 tahun bagi wanita.

Di usia 80 tahun, pria yang punya anak diharapkan hidup delapan bulan lebih lama dibandingkan yang tidak.

5. Tanggung jawab

Studi dari Journal of Personality and Social Psychology menemukan bahwa orang tua yang memiliki tanaman untuk dirawat menjadi lebih meningkat kemampuan sosialnya, kesiagaan dan fungsi umum lainnya. Itu juga yang membuat memiliki anak adalah hal yang baik bagi kelangsungan hidup seseorang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya