Pasangan Bau, Begini Cara Beri Tahu Tanpa Lukai Perasaannya

Ilustrasi sepasang kekasih
Sumber :
  • Pixabay/Dadion Gomez

VIVA – Jika Anda sedang mengencani seseorang yang sangat disayang, tapi dia memiliki aroma napas yang buruk atau bau badan, bahkan kaki yang berbau, maka hal itu bisa saja mengganggu hubungan Anda. Namun Anda juga bingung memberitahu karena takut menyakiti perasaannya.

Terpopuler: Tips Ampuh Atasi Bau Mulut Hingga Larangan Beli Baju Lebaran di 10 Hari Ramadhan

Lalu bagaimana cara memberitahu mereka tanpa harus menyakitinya? Berikut beberapa jawaban baik dari dokter gigi, dokter kulit ataupun terapis pasangan, seperti dilansir dari Huffington Post.

Temukan penyebab bau

6 Tips Ampuh Mengatasi Bau Mulut saat Berpuasa

Jika itu masalah bau mulut, sejumlah kasus bisa jadi penyebabnya, menurut dokter gigi Dr. Nicole Khalife, antara lain karena gingivitis, seperti peradangan gusi yang disebabkan buruknya kebersihan mulut; cavities; diet tertentu dan sinusitis atau penyakit gastroesophageal reflux.

Sementara bau badan seringkali disebabkan keringat bercampur dengan bakteri di kulit, terutama di daerah seperti ketiak atau pangkal paha. Jika bau badan tak begitu kuat maka tak perlu khawatir, namun jika bau menjadi sangat kuat, bisa menunjukkan masalah kesehatan yang serius sehingga harus memeriksakannya ke dokter.  

Ustaz Solmed Jadi Sorotan Gegara Bau Badannya Terendus saat Jadi Juri, Ternyata Ini Aromanya

Ilustrasi ketiak/bau badan.

“Penyebab lain bau badan termasuk kondisi medis dan diet. Salah satu penyebab umum terkait diet adalah bawang putih, yang menghasilkan sulfur yang terakumulasi dalam keringat sehingga menyebabkan bau,” kata dermatologist di New York City, Dr Michelle Henry.

Cara mengatakan

Meski tidak menyenangkan, akan lebih baik jika pasangan mendengarnya dari Anda daripada dari orang lain, seperti rekan kerja atau bahkan orang membicarakannya di belakangnya. Menurut terapis Zach Brittle, Anda bisa memulai percakapan dengan berfokus pada perilaku tertentu dan mengekspresikan apa yang Anda butuhkan, daripada menyerang, mengkritik atau menyalahkan pasangan Anda.

Coba ungkapkan dengan kalimat, "Saya merasa... tentang... dan saya perlu...."

Seperti, "Saya merasa risau tentang napasmu, terutama ketika ini menjauhkanku untuk dekat kamu, dan aku perlu menemukan cara untuk memastikan hal itu tidak membuat kita terpisah."

Jika permasalahannya cukup berat, sebaiknya ajak pasangan menemui dokter gigi untuk mengatasinya. Dan sebaiknya jangan langsung katakan bahwa dia punya masalah kesehatan. Coba sampaikan bahwa ada beberapa kondisi kesehatan yang memicu bau berlebih.

“Ketika menyampaikannya ingat untuk bersikap baik dan memilih kata-kata Anda dengan hati-hati. Pastikan itu karena perhatian, bukan karena jijik. Hal terakhir yang perlu dilakukan adalah jangan membuat pasangan malu untuk mendapatkan solusi," tutur Henry.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya