Jangan Minum Obat, BAB Bisa Lancar dengan 3 Cara Ini

Ilustrasi Toilet atau WC
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Pola buang air besar alias BAB tiap orang memang berbeda-beda. Bagi mereka yang beruntung, BAB bisa dilakukan setiap hari tanpa masalah. Tapi ada pula yang kerap sembelit atau susah BAB. Sembelit biasanya dipicu oleh pola makan yang buruk, dehidrasi atau diet yang kurang sehat.

Ahli Ungkap Alasan Kenapa Pria Lebih Lama Habiskan Waktu di Toilet Saat Buang Air

Sebenarnya tidak ada patokan khusus terkait BAB yang normal atau ideal. Bagi yang BAB setiap tiga hari pun tidak apa-apa, asalkan frekuensi itu rutin. Beda hal jika perut sudah terasa penuh tapi Anda tidak juga BAB selama berhari-hari. Meski kini banyak obat pencahar yang dijual bebas, jangan buru-buru beralih pada obat.

Coba deh, beberapa cara ini untuk melancarkan BAB secara alami dan tanpa efek samping.

Top Trending: Fakta Istri Polisi Selingkuh dengan Mahasiswa, Skandal Dosen dan Mahasiswi UIN Lampung

1. Minum air putih

Air mineral/air putih.

Viral Penumpang Buang Air Besar di Lantai Pesawat

Apa pun kondisi kesehatan Anda, minum air putih yang cukup setiap hari adalah 'wajib' hukumnya. Untuk kita yang hidup di negara tropis dengan paparan sinar matahari yang cukup tinggi, disarankan untuk minum air putih minimal 2 liter atau delapan gelas per-hari. Air putih juga bisa melancarkan pencernaan dengan melunakkan tekstur tinja.

Masih ada dua cara lain yang enggak kalah ampuh untuk melancarkan BAB.

Insiden yang terjadi di 2024 Hanteo Music Awards

7 Insiden di 2024 Hanteo Music Awards, Penonton BAB hingga Berhubungan Seks

Acara 2024 Hanteo Music Awards di Korea Selatan menjadi pembicaraan hangat dengan berbagai alasan. Meskipun lineup-nya luar biasa, namun insiden tak biasa terjadi.

img_title
VIVA.co.id
19 Februari 2024